131 Ribu Anak di Kendal Belum Punya Kartu Identitas

Dari jumlah anak di Kendal tersebut yang sudah membuat KIA sebanyak 58.267.000 jiwa.

KENDAL – Sebanyak 131.279 anak di Kabupaten Kendal belum memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Sejauh ini baru sekitar 58 ribu saja yang sudah mendapatkan KIA.

Antrean warga mengurus KIA di Kantor Dispendukcapil Kendal. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Dengan diterbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Permendagri) nomor 2 tahun 2016 setiap anak wajib memiliki Kartu Identitas Anak mulai dari usia satu hari hingga di bawah 17 tahun.

Data Badan Pusat Satistik (BPS) Kendal tahun 2017 jumlah penduduk di Kendal sebanyak 976.752 jiwa. Dari jumlah tersebut penduduk dewasa sebanyak 786.473 jiwa dan190.279 kategori anak atau belum dewasa.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Kendal Bambang Dwiyono mengatakan, dari jumlah anak di Kendal tersebut yang sudah membuat KIA sebanyak 58.267.000 jiwa. “Sisanya masih ada sekitar 131.279 anak belum memiliki KIA,” katanya.

Kesadaran untuk membuatkan KIA ini belum sepenuhnya dilakukan warga Kendal. Untuk itulah Dispendukcapil memberlakukan paket dengan akta kelahiran sehingga saat anak didaftarkan akta kelahiran, otomatis juga akan dikeluarkan KIA.

“Sehingga orangtua tidak harus membuatkan KIA di kemudian hari. Namun demikian pembuatan KIA bisa dilakukan saat mengurus kartu keluarga dan akta kelahiran,” imbuh Bambang.

Ke depan Dispendukcapil akan bekerja sama dengan dinas terkait agar memudahkan anak mendapatkan kartu identitas. Selain itu KIA mulai diberlakukan sebagai dasar untuk pengurusan suatu dokumen kependudukan atau urusan lainnya seperti pendidikan. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.