13 Karya Film Pendek Adu Gagasan Soal Pencemaran Sampah

Lomba Film Pendek di Udinus Semarang

Para pelajar berupaya menuangkan gagasan tentang edukasi kepedulian lingkungan melalui film pendek.

Lomba film pendek Prodi Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Udinus di ruang serbaguna gedung D lantai 1. (Foto: dokumentasi)

 

SEMARANG – Dalam Dinus Festival (Dinusfest) 2019, prodi Kesehatan Lingkungan (Kesling) Fakultas Kesehatan (FKes) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggelar lomba Short Movie Competition. Film yang dilombakan diputar dan disaksikan bersama 13 tim yang turut serta dalam lomba tersebut. Peserta lomba merupakan siswa SMA/SMK/sederajat.

 

Peserta diwajibkan mengumpulkan film pendek dalam durasi 5 hingga 7 menit dengan tema yang sudah ditentukan panitia, yakni “Pencemaran Sampah”. Lomba ini bertujuan untuk menciptakan kepedulian lingkungan pada masyarakat mengenai sampah, sekaligus cara menanggulanginya.

 

“Selain itu adalah sarana untuk memperkenalkan lebih dekat prodi Kesehatan Lingkungan pada siswa SMA/SMA/sederajat di Jawa Tengah dan sekitarnya,” jelas Kahumas Udinus Agus Triyono, Rabu (23/1/2019).

 

Meski masih di jenjang sekolah menengah, peserta telah menunjukkan persembahan terbaik mereka. Semua karya peserta dinilai mengenai originalitas, kesesuaian tema, teknik artistik, serta pesan moral oleh dewan juri yang merupakan dosen dari prodi Kesling Udinus.

 

Peserta lomba dari SMA Negeri 8 Semarang, Adelna Tabriz mengatakan, film yang dibuat bisa menjadi sarana edukasi untuk teman-teman di sekolah agar senantiasa menjaga lingkungan sekitar.

 

Sebelum lomba film pendek yang digelar prodi Kesling, pada Senin (22/1/2019) lalu juga digelar lomba penulisan esai dengan tema “Pelayanan Kesehatan Masa Kini”. Kegiatan ini dilakukan oleh Fakultas Kesehatan untuk lebih memperkenalkan diri ke siswa SMA/SMK/sederajat, agar dapat dijadikan pilihan perguruan tinggi saat sudah lulus nanti. (ade)

 

 

 

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.