12 Pemilih Tanpa A5, TPS 05 Kejambon Gelar Coblosan Ulang

Setiap pemilih tetap mendapatkan lima surat suara Capres, Caleg dan DPD yang bertuliskan pemilu ulang.

TEGAL – Satu Tempat Pemilihan Suara (TPS) di Kota Tegal, Jawa Tengah menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU), Sabtu (27/4/2019) pagi. Hal ini disebabkan, adanya temuan 12 pemilih ber-KTP luar daerah tanpa memiliki formulir A5, ikut mencoblos pada pemungutan suara tanggal 17 April 2019 lalu.

Sejumlah pemilih mengikuti pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 05, Jalan Kamboja, Kelurahan Kejambon, Kecamatan Tegal Timur. Foto : metrojateng.com/ adithya

Dari pantauan di lapangan, warga antusias mendatangi TPS 05 di Jalan Kamboja, Kelurahan Kejambon, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal yang menggelar pemungutan suara ulang. KPU menggelar PSU di TPS ini atas rekomendasi Bawaslu setempat yang menemukan adanya persolan saat pemungutan suara pada 17 April lalu.

Ketua KPU Kota Tegal, Elvy Yuniarni menyebut, berdasarkan hasil identifikasi dan pengumpulan bukti-bukti hasil pengawasan di TPS 05, terjadi peristiwa yakni terdapat dua pemilih luar wilayah yang tidak tercantum dalam DPT dan DPTb menggunakan hak pilihnya dengan e-KTP.

“Dua pemilih tersebut tidak memiliki formulir pindah memilih atau A5,” tegas Elvy kepada metrojateng.com.

Selain itu, lanjut Elvy, kasus yang kedua adalah adanya temuan sepuluh pemilih menggunakan formulir C6 tidak terdaftar dalam DPT dan DPTb, namun tetap menyalurkan hak pilihnya. Padahal, semestinya sepuluh pemilih tersebut harus menggunakan formulir A5 dan dimasukkan dalam DPTb.

Berdasarkan dua temuan tersebut, Bawaslu Kota Tegal merekomendasikan KPU menggelar PSU. Adapun jumlah DPT TPS 05 untuk pemungutan suara ulang ini sebanyak 295 jiwa. Setiap pemilih tetap mendapatkan lima surat suara Capres, Caleg dan DPD yang bertuliskan pemilu ulang.

“Pemungutan suara ulang ini sudah sesuai dengan Pasal 372 ayat 2 Huruf D Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,” pungkasnya. (MJ-10)

 

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.