1,2 Juta Surat Suara Pileg DPRD Provinsi Diterima KPU Kota Semarang

Saat ini, KPU Kota Semarang tinggal menunggu pengiriman surat suara tahap ketiga yaitu surat suara untuk DPD RI.

Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom (pakai batik), saat menerima sebanyak 1,2 juta surat suara untuk pemilihan legislatif DPRD Provinsi Jawa Tengah dan langsung disimpan di gudang Kompleks Ruko Dimond Jalan Arteri Yos Sudarso, Kota Semarang. (Masrukhin Abduh/metrojateng.com)

 

SEMARANG – Sebanyak 1,2 juta surat suara untuk pemilihan legislatif DPRD Provinsi Jawa Tengah diterima KPU Kota Semarang dan langsung disimpan di gudang Kompleks Ruko Dimond Jalan Arteri Yos Sudarso, Kota Semarang.

Sebelumnya KPU juga telah menerima surat suara untuk Pilpres dan DPR RI. Surat suara yang diterima KPU tersebut termasuk juga surat suara untuk cadangan.

“Logistik surat suara tahap ke dua berisi surat suara untuk DPRD Provinsi ini jumlahnya 1.200.596 surat suara, sama seperti surat suara DPR RI yang tiba kemarin. Kemudian ada 1000 surat suara cadangan yang kami berikan ke provinsi karena merupakan kewenangan provinsi,” kata Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom, Rabu (27/2/2019).

Dengan diterimanya surat suara ini, KPU tinggal menunggu pengiriman surat suara tahap ketiga yaitu surat suara untuk DPD RI. Menurut Nanda Gultom, sapaan Ketua KPU Kota Semarang, tim pengawalan dari Polrestabes Semarang dan Bawaslu Kota Semarang saat ini sudah berada di Sentul, Bogor untuk mengawal pengiriman tahap tiga tersebut.

“Kita masih menunggu untuk surat suara DPD antara besok Kamis sore atau Jumat pagi akan tiba. Kebetulan tim pengawalan saat ini sudah tiba di Jakarta,” ujarnya.

Nanda Gultom menjelaskan, dengan diterima surat suara tahap kedua ini, maka sampai saat ini surat suara yang sudah diterima KPU Kota Semarang adalah surat suara untuk Pilpres, DPR RI, dan DPRD Provinsi. Sedangkan yang belum diterima yaitu surat suara DPD RI dan DPRD Kota.

Nanda Gultom menambahkan, untuk menandai dan mempermudah proses pelipatan, penyortiran dan pendistribusian surat suara, maka di masing-masing surat suara tersebut sudah terdapat warna khusus.

“Masing-masing kota ditandai dengan warna. DPRD Provinsi warnanya biru, DPR RI warnanya kuning. Untuk Pilpres warnanya abu-abu. Dari jumlah 1.200.596 surat suara, itu juga nanti ada total 2.402 boks,” tegasnya. (duh)

 

 

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.