119 Relawan asal Jateng ke Palu Bantu Penyembuhan Trauma

Relawan agar cermat menghitung estimasi waktu serta memahami para dan pengetahuan.

SEMARANG- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta sejumlah relawan yang berangkat ke Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah untuk membantu pemulihan trauma korban gempa yang disertai tsunami.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melepas relawan ke lokasi gempa Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, di halaman Gubenuran, Jalan Pahlawan, Kota Semarang, Sabtu (6/10/2018). Foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto

Pemulihan trauma korban tsunami bisa dilakukan dengan pendekatan personal. “Kami minta relawan khususnya tenaga kesehatan harus ikhlas bantu terutama berikan pendekatan agar korban tidak alami trauma,” kata Ganjar, di sela pelepasan relawan dan bantuan logistik ke Sulteng, Sabtu (6/10/2018).

Jumlah relawan yang bertolak ke Palu, kata dia, ada sebanyak 119 orang. Para relawan telah diinstruksikan untuk melakukan trauma healing selama berada di lokasi bencana.

Sedangkan bantuan yang dikirim bagi para korban tsunami berupa 11 truk. Isinya terdapat berbagai kebutuhan logistik mulai makanan dan air minum.

Berbagai bantuan bagi korban tsunami itu dikirim mulai hari ini. Armada truk bertolak ke Surabaya dan esok dilanjutkan ke Palu melalui jalur laut.

“Ini kami kirim bantuan alat berat truk dan relawan. Tentunya alat berat bisa mengangkut barang untuk bahan baku alat berat, relawan bisa membantu kebutuhan air dan makanan bagi korban serta,” ujarnya.

Ia menginstruksikan kepada para relawan agar cermat menghitung estimasi waktu serta memahami para dan pengetahuan mengenai penanggulangan bencana alam.

“Tentunya relawan harus siap paham teknik penanganan kebencanaan,” terangnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.