110 Anak Ikut Sunatan Massal

KENDAL - Banyak cara dilakukan anak-anak untuk menahan sakit saat di khitan. Ada yang menutup wajah dengan peci atau berteriak hingga menangis memeluk ibu atau ayahnya. Suasana itulah yang terlihat saat sunatan massal di Masjid Agung Kendal Kamis (31/08) malam. Sebanyak  110 anak mengikuti khitanan massal  dalam rangkaian perayaan Idul Adha 1438 H.

Untuk meredam ketakutan ratusan anak-anak peserta khitanan massal, Takmir Masjid Agung memutarkan film melalui layar proyektor. 110 anak ini dipanggil satu-persatu ke dalam ruang kelas sebuah sekolah di komplek Masjid Agung untuk dikhitan.

Didalam ruang kelas yang disulap menjadi klinik khitan dadakan ini, suara  jeritan dan  tangisan mulai menggema dan terdengar dari seluruh peserta khitanan massal. Ada yang berani dan tidak menangis, namun banyak juga yang harus memeluk ibu atau ayahnya.

Bahkan ada juga yang berontak, saat petugas medis hendak mengkhitan sehingga kewalahan dan meminta keluarganya untuk menenangkannnya.Petugas medis dibantu keluarga terpaksa memegang kaki sang anak agar tidak mengganggu proses khitan.

“Sebetulnya tidak sakit, terasa sakit saat disuntik saja,” kata MUhamad Trias Hasanudin, salah satu peserta sunaan masal. Ia mengaku senang bisa ikut sunatan massal.

Khitanan massal ini rutin dilaksanakan takmir Masjid Agung sebagai rangkaian perayaan Idul Adha. Jumlah peseerta sunatan massal tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. Panitia khitanan massal Masjid Agung Kendal KH Ubaidi mengatakan, pantia terpaksa menutup pendaftaran karena jumlah pendaftar melampaui target.

“Kami tutup pendaftaran jauh-jauh hari karena membludak. Kami terbatas tenaga medis dan panitia sehingga peserta dibatasi 110 saja,” ujarnya.  Peserta khitanan massal tidak  dipunggut biaya dan tidak hanya berasal dari kecamatan Kota Kendal melainkan dari kecamatan lain.

“Setelah menjalani khitan peserta menginap di masjid agung dan dikembalikan ke orangtua usai sholat Idul Adha Jumat (01/09) pagi,” pungkas Ubaidi.(MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

15 − = 6

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.