100 UKM Akan Ramaikan Pasar Wengi Ngapak Banyumas

Pasar Wengi Ngapak bisa menjadi magnet ekonomi kreatif yang mendukung pengembangan sektor pariwisata

BANYUMAS – Sebagai upaya untuk menggugah jiwa wirausaha pelaku UKM di wilayah Karesidenan Banyumas, Forum UKM Banyumas Raya (Forumara) menggelar Pasar Wengi Ngapak. Pasar Wengi Ngapak tersebut, rencananya akan digelar di Pendapa Wakil Bupati Banyumas, Sabtu (10/11) mulai pukul 14.00 hingga 22.00.

Pasar Wengi Ngapak Banyumas

Ketua Forumara, Rendry Bayu P mengatakan, Pasar Wengi Ngapak bisa menjadi ajang rekreasi sekaligus ruang pembelajaran bagi masyarakat yang datang berkunjung. Pasalnya, Pasar Wengi Ngapak dikonsep menjadi ajang edukasi, memberi sarana rekreasi dan memberi gambaran bagi para pengunjung tentang wirausaha.

Rendry menambahkan, rencananya Pasar Wengi Ngapak akan menjadi acara rutin sebulan sekali, dengan lokasi yang tidak hanya mengandalkan pada satu titik saja, melainkan berpindah-pindah layaknya pasar malam pada umumnya. Konsep ini juga sebagai media promosi serta membantu pemasaran para pelaku UKM.

“Ini untuk kemandirian UKM yang kreatif dan inovatif serta dinamis dengan orientasi market hingga ke luar negeri,” ujarnya.

Dalam kegiatan Pasar Wengi Ngapak tersebut, nantinya akan melibatkan seratusan pelaku UKM yang tersebar dari wilayah Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara dan Cilacap. Mereka akan menjajakan beragam produk hasil UKM seperti hasil olahan makanan dan minuman, handicraft dan hasil pertanian.

Sementara, Ketua Bidang Pengembangan Forumara, Cocos Trisada menuturkan, kegiatan ini merupakan satu-satunya pasar malam yang penuh dengan kreativitas.

“Supaya Pasar Wengi Ngapak berbeda dengan pasar malam pada umumnya, nantinya para pelaku UKM yang berjualan harus lebih kreatif dalam mendisplay produknya dan tidak asal jualan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia yang mendasari Pasar Wengi Ngapak ini, karena selama ini progres pameran yang ada di Banyumas tidak pernah keliatan gebyar dan tidak bisa menjadikan suatu ikon kegiatan yang dihubungkan dengan UKM.

“Dari kegiatan ini juga diharapkan Pasar Wengi Ngapak bisa menjadi magnet ekonomi kreatif yang mendukung pengembangan sektor pariwisata dan pengenalan produk lokal yg bermutu baik,” jelasnya.

Kegiatan ini juga akan diramaikan dengan bursa lowongan kerja. Selain itu setiap pengunjung yang membeli produk UKM kelipatan Rp 20 ribu di Pasar Wengi Ngapak akan mendapatkan kupon undian yang akan diundi pada kegiatan Pasar Wengi Ngapak bulan berikutnya. (MJ-27)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.