10 Jemaah Haji Indonesia Masih Dirawat di Arab Saudi

Ada 34.024 jemaah asal Jateng-DIY yang diberangkatkan dan sudah dipulangkan sebanyak 33.948 orang. 

BOYOLALI – Sebanyak 10 jemaah haji Indonesia masih tertinggal di Arab Saudi. Mereka belum bisa dipulangkan lantaran harus menjalani perawatan kesehatan di Arab Saudi.

Kedatangan jemaah haji di Debarkasi Solo. Foto: metrojateng.com

“Kondisi mereka terus dipantau dan akan langsung dipulangkan menggunakan penerbangan reguler setelah ada rekomendasi dari dokter,” ujar Wakil Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo, Abdul Jalil, Kamis (27/6/2018).

Selain itu, terdapat enam jemaah yang harus dirujuk ke RSUD dr Moewardi, Solo, karena menderita sakit usai dipulangkan dari Arab Saudi.

Embarkasi Haji Donohudan telah menerima kedatangan kloter terakhir atau kloter sapu jagad pada Rabu (26/9). Ada 34.024 jemaah asal Jateng-DIY yang diberangkatkan dan sudah dipulangkan sebanyak 33.948 jemaah.

Adapun jemaah yang wafat selama musim haji kali ini, sebanyak 72 orang. Dengan rincian, empat jemaah meninggal di tanah air sebelum keberangkatan, satu jemaah meninggal di pesawat dalam perjalanan pulang, dan sisanya meninggal di Tanah Suci saat proses ibadah haji.

Dari data nasional, total jemaah yang meninggal tahun ini sekitar 300an orang, menurun drastis dibanding tahun sebelumnya yang sebanyak 600an orang. “Sekarang kita sudah lebih siap, istitoah juga lebih baik. Secara umum, penyelenggaraan ibadah haji tahun ini lebih bagus,” tandasnya. (MJ-25) 

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.