1.634 Siswa SMK Bina Utama Kendal Torehkan Rekor Gerakan Periksa Kerapian Diri

Ribuan siswa SMK Bina Utama ini juga membentuk koreo bendera Merah Putih.

KENDAL – SMK Bina Utama Kendal menorehkan prestasi melalui gerakan periksa kerapian diri secara serentak oleh 1.634 siswa, Senin (27/8/2018). Aksi ribuan siswa ini berhasil meraih penghargaan Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) dengan jumlah terbanyak.

Ribuan siswa SMK Bina Utama Kendal melakukan gerakan periksa kerapian secara massal, Senin (27/8/2018). Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Selain melakukan gerakan periksa kerapian diri secara serentak, ribuan siswa SMK Bina Utama ini juga membentuk koreo bendera Merah Putih. Ada 14 gerakan yang ditampilkan. Siswa barisan belakang ditempel kertas berwarna merah sehingga saat melakukan gerakan membungkuk terbentuk bendera Merah Putih berukuran besar.

Untuk melatih kekompakan, siswa mendapat gemblengan anggota TNI dari Koramil Kendal selama dua hari berturut-turut. 

Kepala SMK Bina Utama, Susandari mengatakan, gerakan periksa kerapian diri oleh 1.634 siswa ini dilakukan untuk memotivasi siswa agar disiplin dan rapi dalam berseragam sekolah.

“Bimbingan pelatihan dan keterampilan ini awalnya hanya membentuk karakter siswa. Namun dalam perjalanan pelaksanaan bimbingan tersebut ada gerakan yang bagus sehingga muncul gagasan untuk dilakukan secara serentak oleh siswa,” paparnya.

Ketua Umum Leprid, Paulus Pangka mengatakan gerakan periksa kerapian diri oleh ribuan siswa ini merupakan hal yang baru dan kali pertama dilakukan dengan jumlah terbanyak.

“Kita sudah hitung jumlah gerakannya ada 14 gerakan dan dilakukan serentak bersama-sama oleh 1.634 siswa,” katanya.

Rekor ini dicatat sebagai prestasi urutan 381. Sebelumnya Kabupaten Kendal juga sudah menorehkan prestasi yakni kepala daerah pertama di Indonesia yang menciptakan lagu untuk promosi potensi daerahnya.

Rekor lain yakni gerakan literasi sekolah terbanyak oleh 1.082 siswa SMA Negeri 2 Kendal, dan pencipta lagu termuda atas nama Jefri Setyawan. Prestasi yang lainnya yakni gowes mengelilingi Alun-alun Kaliwungu sebanyak 413 kali dalam rangka HUT ke-413 Kendal. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.