1.420 Satpol PP Siap Amankan Pilkada Jateng

Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Tengah Sinung N Rachmadi memimpin gladi bersih gelar pasukan Pilkada di GOR Satria Purwokerto, Selasa (6/2). (foto: istimewa)

SEMARANG –  Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jawa Tengah akan mempersiapkan 1.420 personel untuk mengamankan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada). Ribuan personel tersebut akan mengikuti Gelar Pasukan 2018 di GOR Satria Purwokerto Kabupaten Banyumas, Rabu (7/2).

Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Tengah Sinung N Rachmadi mengatakan, kegiatan gelar pasukan itu diharapkan dapat meneguhkan kembali integritas, profesionalisme, sikap reponsif, dan kekompakan seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas dalam mewujudkan ketentraman serta ketertiban masyarakat menuju Pilgub Jateng serta Pilkada serentak di tujuh kabupaten/kota di Jateng.

“Gelar Pasukan 2018 ini akan dihadiri Gubernur Jateng sebagai inspektur upacara. Adapun, acara sudah dimulai hari ini (6/2) dengan gladi bersih gelar pasukan dan malam keakraban bagi para anggota Satpol PP dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Jateng,” kata Sinung.

Pada puncak acara, lanjut dia, akan dilaksanakan Rabu (7/2) dengan upacara gelar pasukan dan lomba defile yang dimeriahkan dengan penampilan seni Tari Lenjer Banyumas, marchingband SMK-SPM Nasional Purwokerto, serta atraksi barongsay.

Sinung menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari HUT ke-68 Satpol PP dan HUT ke-56 Satlinmas Provinsi Jateng. Kegiatan akan diikuti 1.420 orang yang terbagi dalam 71 peleton dengan setiap peleton 20 orang (masing-masing kabupaten/kota menyiapkan dua peleton yang terdiri atas peleton Satpol PP serta peleton Satlinmas) kemudian satu peleton dari provinsi Jateng.

“Untuk ikut menjaga kearifan dan keanekaragaman potensi lokal, Komandan peleton Satpol PP dan Satlinmas diwajibkan menggunakan pakaian adat daerah,” katanya.

Sementara, lomba defile yang diikuti seluruh peserta Satpol PP dan Satlimas itu akan dinilai berdasarkan kekompakan, kerapian, kesergaman gerak serta langkah baris berbaris, serta semangat dari para peserta.

Selain lomba defile, tambah Sinung, ada juga penyerahan hadiah terhadap pemenang lomba penekan peraturan daerah, kawasan tertib, kader siaga trantib, serta keaktifan Satpol PP dalam menggunakan media sosial seperti twitter, facebook, dan instagram. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 1 = 2

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.