1.238 Personel Amankan Perayaan Waisak di Magelang

Pengamanan Waisak akan dilaksanakan mulai hari ini sampai besok, Sabtu-Minggu (18-19/5)

MAGELANG – Sebanyak 1.238 psrsonel gabungan disiapkan untuk mengamankan peringatan hari Tri Suci Waisak 2563 BE/2019 yang dipusatkan di Candi Borobudur Magelang, Sabtu (18/5/2019). Mereka terdiri dari TNI, Polri maupun Pemda Kabupaten Magelang.

Prosesi Pindapata di Kompleks Candi Mendut Magelang, Sabtu (18/5/2019). Sebanyak 1.238 personel gabungan disiapkan untuk mengamankan Waisak 2019. Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

Kapolres Magelang, AKBP Yudianto Dwi Nugroho mengatakan, pengamanan juga akan di BKO dari Polres se eks wilayah Kedu, Brimob Polda Jateng dan Polda DIY. “Pengamanan Waisak akan dilaksanakan mulai hari ini sampai besok, Sabtu-Minggu (18-19/5),” katanya usai gelar pasukan pengamanan Waisak di Lapangan Drh Soepardi, Kabupaten Magelang.

Pihaknya sudah menerapkan pola pengamanan baik di Candi Mendut maupun di Borobudur sebagai pusat kegiatan Waisak. Di Candi Mendut sudah dibagi menjadi tiga ring, demikian juga di Borobudur.

Pengamanan di Candi Borobudur selain di pagar, juga di lokasi parkir ataupun di lokasi acara tepatnya di pelataran candi. Pengamanan juga dibuat sistem pagar betis, sehingga warga  yang tidak berhubungan dengan Waisak tidak diperkenankan masuk di lokasi acara. Pihaknya juga menyiapkan metal detektor untuk umat yang akan mengikuti Waisak.

Sementara itu, selama prosesi kirab berlangsung pada Sabtu (18/5) siang, dilakukan rekayasa lalu lintas. Kapolres juga mengatakan, pihaknya terus mewaspadai dan mengantisipasi terorisme.

“Kami juga mengimbau agar masyarakat segera memberikan informasi bila melihat ada pengumpulan massa yang mencurigakan,” tandasnya. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.