Zainal-Edi Nomor 1, Zainal Rohadi Nomor 2

Kedua paslon Bupati/Wakil Bupati Magelang usai pengundian nomor urut oleh KPU setempat, di GOR Gemilang, Selasa (13/2). (foto: metrojateng.com/ch kurniawati)

 

MAGELANG – Setelah penetapan pasangan calon bupati/wakil bupati untuk Pilkada 2018, KPU Kabupaten Magelang mengundi nomor urut dua pasangan tersebut, Selasa (13/2). Pengundian berlangsung di GOR Gemilang kompleks kantor Pemkab Magelang, disaksikan ribuan tim sukses dari kedua paslon.

Pasangan Bupati petahana Zainal Arifin dan Edi Cahyana mendapat nomor urut 1. Sedangkan pasangan Wakil Bupati Magelang petahana Zainal Arifin dan Rohadi pratoto mendapatkan nomor urut 2. “Hasil pengundian ini akan menjadi bahan sosialisasi, pencetakan surat suara dan semua hal yang terkait dengan pilkada Bupati Magelang,” kata Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afifudin.

Tahapan selanjutnya adalah kampanye, dimulai tanggal 15 Februari hingga 23 Juni. “Kampanye bisa dilaksanakan setiap hari. Namun untuk rapat umum, hanya diperbolehkan satu kali selama masa kampanye,” kata Afifudin.

Sedangkan untuk kampanye damai akan dilaksanakan secara serempak di seluruh Indonesia pada 18 Februari 2018. Kedua pasangan calon juga akan mendapatkan pengawalan dari aparat kepolisian. “Mereka merupakan orang VVIP di Kabupaten Magelang, sehingga kedua paslon harus dikawal,” ungkapnya.

Apalagi, kedua kandidat sama-sama merupakan petahana bupati dan wakil bupati. Pengamanan dilakukan selama 24 jam penuh dalam sehari. Terkait cuti sebagai bupati dan wakil bupati, Afifudin mengemukakan, bahwa keduanya harus segera mengajukan cuti tiga hari setelah penetapan.

Seperti diketahui, pasangan petahana Bupati Zainal Arifin dan Edi Cahyana diusung PDI-P, PKB, PPP, PAN dan Partai Demokrat. Zainal merupakan kader PDI-P sedangkan Edi Cahyana bendahara PC NU Kabupaten Magelang.

Sementara itu, pasangan petahana Wakil Bupati Zainal Arifin berpasangan dengan Rohadi Pratoto. Zainal yang sebelumnya mendaftar sebagai calon bupati melalui PKB namun tidak lolos. Kemudian menerima pinangan Partai gerindra, Golkar dan PKS. Sedangkan Rohadi Pratoto merupakan mantan Kepala Bapeda Kabupaten Magelang. Pada Pilkada sebelumnya, Rohadi pernah mencalonkan diri sebagai Bupati, namun gagal. (MJ-24)

 

 

 

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.