Beranda EDUKASI

Yuk Ikut Program Mahasiswa Berburu Ibu Hamil

0
0

SEMARANG – Jika anda mahasiswa kedokteran, mungkin berminat mengikuti program berburu ibu hamil yang digagas Pemerintah Provinsi Jateng ini. Program ini membutuhkan sedikitnya 20 ribu mahasiswa kedokteran.

Program bertajuk one student one client ini bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu melahirkan. Seorang mahasiswa dari fakultas kedokteran atau akademi perawat/kebidanan bertugas mendampingi satu ibu hamil yang kondisinya berisiko.

Dalam program ini, Dinas Kesehatan Jateng bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Jateng. “Karena jumlah siswa terbatas, pendampingan hanya fokus ke ibu hamil yg berisiko tinggi,” kata ?Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo, Minggu (5/4).

Pendampingan dilakukan selama 24 jam. Dari masa kehamilan sampai melahirkan. Pendamping diharapkan sebagai “case manager” yang mampu menangani masalah medis dan nonmedis. Misalnya, siap mengantarkan jika butuh periksa di rumah sakit. Bahkan, jika si ibu hamil memiliki pekerjaan rumah yang berat, siap membantu. Seperti mencuci baju.
?
Program ini, lanjut Yulianto, diharapkan menurunkan angka kematian ibu melahirkan. Menurut catatan, per akhir Maret 2015, angka kematian ibu melahirkan di Jateng masih cukup tinggi. Seperti di Kabupaten Tegal ada 11 kasus, Banyumas tujuh kasus, Brebes enam kasus, Pemalang dan Batang masing-masing empat kasus, Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan masing-masing satu kasus.

Sementara pada tahun 2014, tercatat ada 711 kasus kematian ibu melahirkan. Anehnya, sebagian besar kasus kematian ini justru terjadi di rumah sakit. Bahkan mereka sudah diitangani oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi (dokter kandungan). 

Belum meratanya jumlah dokter kandungan di Jateng menjadi salah satu faktor. Menurutnya, saat ini masih banyak dokter kandungan yang nyambi di tiga hingga empat rumah sakit sekaligus.

“Faktor kesehatan remaja putri di usia produksi juga berpengaruh. Ada 50 persen dari mereka yang mengalami anemia,” jelasnya. (byo)