Home > JATENG RAYA > METRO KEDU > Wow, Pasar Secang Digelontor Dana Rp 23 Miliar

Wow, Pasar Secang Digelontor Dana Rp 23 Miliar

Lokasi penampungan sementara untuk pedagang Pasar Secang. Foto Metrojateng
Lokasi penampungan sementara untuk pedagang Pasar Secang. Foto Metrojateng
MUNGKID– Pasar Secang Kabupaten Magelang bakal dibongkar dan diganti dengan bangunan baru. Konsep pasar modern ini akan mulai dibangun tahun depan dengan biaya Rp 23 miliar. Sebagai persiapan, Pemkab tengah membangun pasar darurat di Lapangan Sasana Krida. Pasar penampungan sementara di seperempat lapangan sisi barat telah dikerjakan dengan dana Rp 2 miliar dari APBD 2014.
Kepala Dinas Perdagangan dan Pasar (Disdagsar) Kabupaten Magelang, Asfuri Muhsis, mengemukakan, pasar darurat diproyeksikan untuk menampung 376 pedagang Pasar Secang yang sudah memiliki izin atau SKHPTD (Surat Keterangan Hak Pakai Tempat Dasaran).
Dijadwalkan, pembangunan pasar penampungan rampung dalam tempo dua bulan ke depan. “Dengan surat izin yang dimiliki, kelak bisa dijadikan pegangan bagi pedagang untuk menempati kios atau los di pasar yang baru, setelah selesai dibangun,” katanya, kemarin.
Asfuri mengatakan, selama menempati pasar penampungan, pedagang lama yang mengantongi izin hanya dikenai biaya retribusi/karcis harian Rp 1.000. Sedangkan para pedagang yang belum memiliki izin, tidak ikut ditampung di pasar sementara. Berbekal SKHPTD, kata Asufi, kelak pedagang diminta mengajukan izin yang baru. Sesuai ketentuan Perda Kabupaten Magelang Nomor 3 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum, izin yang masih berlaku hanya ditarik biaya 25 persen dari nilai jual kios/los yang ditempati.
Sedangkan 75 persen sisanya dibantu oleh pemda. Meski sebagian lapangan digunakan untuk pasar penampungan, menurut Asfuri, tidak akan mengganggu kegiatan warga yang biasa berolah raga di situ. Karena di timur pasar darurat akan dipasang tanda batas berupa pagar, sehingga pedagang juga beraktifitas dengan nyaman. (MJ-14)

Ini Menarik!

Kenang Tragedi Jatuhnya Heli Dauphin, Basarnas Bangun Monumen di Gunung Butak

Share this on WhatsApp TEMANGGUNG – Sebuah monumen dibangun di kaki Gunung Butak, Desa Canggal, …

Silakan Berkomentar