Beranda JATENG RAYA EKONOMI BISNIS Wow! Indahnya Hiasan dari Limbah Kerang Ini

Wow! Indahnya Hiasan dari Limbah Kerang Ini

66
0
Gupomo sedang memberi sentuhan terakhir kerajinan kerang. (foto: metrojateng.com/MJ-23)
JEPARA – Di tangan Gupomo (43), limbah kulit kerang disulap menjadi hiasan unik dan indah. Bukan hanya memperindah ruangan, pernak-pernik dari bahan kerang juga menambah nuansa interior bangunan menjadi elegan.
Warga Desa Welahan RT 2 RW 4 Kabupaten Jepara sudah menekuni usaha kerajinan ini sejak 2007 silam. Dia mulai merintis usaha kerajinan kerang ini setelah banyak belajar di Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon. Dari ide kreatifnya, lahirlah pernak-pernik berbahan baku kerang seperti bingkai cermin, bingkai poto, lampu hias dan lainnya.
Bahkan, kerajinan kerang ini ia padukan dengan mebel yang ada di Jepara. Satu set kursi tamu dibalut dengan kerang yang menjadi begitu indah.
“Saya pernah belajar di Cirebon bagaimana cara membuat kerajinan dari kerang. Setelah itu saya buka sendiri di rumah sejak 2007 lalu,” ujarnya, Selasa (20/2)
Saat itu, peralatan yang ia miliki sangat sederhana yakni pemotong kerang, alat tempel dan bahan baku fiber. Namun, ia terus berupaya mengembangkan usaha ini dengan serius.
“Saya ikut pameran-pameran. Di Jakarta 2009 pernah menjadi juara satu kategori mebel, Di Magelang juara dua stand terbaik dan di PRPP Semarang juga juara dua stand terbaik di tahun berikutnya,” lanjutnya.

Dikatakannya, untuk membuat kerajinan kerang ini tidaklah sulit. Hanya memerlukan pola dasar yang dibuat dari fiber, lalu tempel kerang yang sudah dipotong atau dirapikan. “Lalu tinggal pewarnaan. Semua oranh bisa kalau mau belajar. Dan tidak lama,” ucapnya.

Sementara, harga kerajinan kerang Gupomo sangat terjangkau. Lampu hias hanya dipatok sekitaran Rp 150 ribu sampai Rp 1 juta, tergantung besar san motifnya. “Paling banyak memang lampu hias. Tapi saya juga produksi pigura dan hiasan ruangan lainnya,” tandasnya.(MJ-23)