Wisata Air Venesia Ala Kota Solo

Pengunjung sedang menikmati wisata air Kali Pepe, Solo. (Foto: metrojateng.com/MJ-25)

 

SOLO – Tak perlu jauh-jauh ke Kota Venesia, Italia untuk menikmati wisata menyusuri sungai. Jika tak punya anggaran besar, cukup datang Kota Solo. Kota ini pun menawarkan wisata air yang tak kalah menarik dari Venesia.

Berlokasi di Kali Pepe, tepatnya di kawasan Pasar Gedhe-Solo, wisatawan bisa menemukan wisata air menggunakan perahu tradisional. Tak jauh beda dengan kota Venisia, perahu wisata di kota Solo juga menggunakan tenaga manusia untuk mendayung perahu sejauh kurang lebih satu kilometer.

Perahu tersebut bisa memuat 10 orang sekaligus. Walau tanpa dibekali dengan perlengkapan keselamatan yang memadai, akan tetapi jangan khawatir, arus sungai di Kali Pepe ini tenang dan tidak begitu dalam.

Mancuk (52), pemilik perahu trasidional mengatakan setiap harinya terdapat 50-an pengujung yang menaiki perahu wisata tersebut. Dengan harga tiket Rp 7.000,-per orang perahu wisata ini menjadi pilihan bagi pengujung saat menghabiskan akhir pekan di kota Solo.

“ Ini perahu milik saya pribadi, saya biasanya bersihin sungai. Ya, jalankan perahu ini sekaligus ingin melestarikan sungai dan mengajak masyarakat untuk peduli dan tidak lagi membuang sampah di sungai,” ujarnya saat ditemui di Kali Pepe, Jumat (16/2).

Wisata perahu ini menjadi daya tarik bagi wisatawan. Salah seorang wisatwan asal Klaten, Anik merasa takut untuk menaiki perahu tersebut, kareta tak dilengkapi dengan alat keselamatan. Akan tetapi, setelah berjalan beberapa meter ia bisa menikmati pemandangan di sekitar.

“ Ya awalnya takut. Tapi sungainya jauh berbeda dengan keadan sungai-sungai lainnya, yang identik dengan sampah dan kotor. Disini bersih kok,” ujarnya.

Wisata perahu susur Kali Pepe ini bisa dijumpai saat perayaan Imlek di kota Solo. Lokasi yang tak jauh dengan Klenteng Tien Kok Sie, membuat wisata air ini digadang-gadang bisa menjadi wisata baru dikota solo. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

25 + = 28

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.