Home > JATENG RAYA > METRO SEMARANG > Widya Kandi Ingin Tiap Desa di Kendal Punya Koperasi

Widya Kandi Ingin Tiap Desa di Kendal Punya Koperasi

image

KENDAL – Bupati Kendal, Widya Kandi Susanti meminta kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kendal untuk lebih kreatif dalam menyajikan dan mempromosikan hasil produk-produknya. Hal itu untuk menghadapi tantangan Pasar Bebas ASEAN 2015 mendatang.

Menurutnya, Kendal sebenarnya memiliki banyak potensi produk-produk unggulan. “Tinggal pelaku UMKM khususnya
home industry  mengembangkan lagi. Yakni dalam segi kemasan dan promosi, sehingga bisa dikenal dan menjadi rujukan daerah-daerah lain,” ujarnya.

Pelaku UMKM menurutnya harus lebih aktif mempromosikan produknya, baik ketingkatan regional maupun nasional. “Pasar Bebas ASEAN 2015 adalah titik awal bagi masyarakat Kendal agar lebih percaya diri dalam memasarkan produknya. Jangan sebaiknya malah melemah, tapi harus semakin gigih dalam mengasah sumber dayanya,” tuturnya.

Selain itu, ia meminta agar setiap desa maupun kelurahan memiliki koperasi. Sebab menurutnya koperasi adalah pilar kuat untuk membangun ekonomi. “Sebab jika masyarkat tidak siap, maka Kendal akan dikuasai investor asing,” kata Bupati Widya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kendal, Sutiyono menyatakan keberatan. Menurutnya berat jika harus mendirikan koperasi di tiap-tiap desa.

 “Koperasi di tiap desa kecil kemungkinan dapat terwujud. Sebab, idealnya tiap koperasi minimal mempunyai 3.000 anggota baru bisa dikatakan sehat. Mencari anggota orang sebanyak itu tentu tidak mudah apalagi dalam satu desa,” imbuhnya.

Sementara dalam penutupan Kendal Expo, Ketua Panitia Kendal Expo 2014, Tri Joko mengatakan hingga hari terakhir total transaksi mencapai Rp 2 miliar. Capaian tersebut karena dalam dibantu akan tingginya minat warga dalam hal otomotif. “Ini menunjukkan kemampuan ekonomi masyarakat Kendal meningkat,”tuturnya.

Dalam penutupan, diberikan penghargaan kepada peserta pameran yakni dari stand dengan pemandu terbaik Dinas Pendidikan Kendal. Stand Terbaik non SKPD diraih oleh Bank Jateng Cabang Kendal, BRI Cabang Kendal dan Akbid Kendal. (MJ-01)

Ini Menarik!

PSMP vs PSIS: Momentum Bangkit

Share this on WhatsApp BANDUNG – PSIS mengincar poin penuh atas PS Mojokerto Putra pada …

Silakan Berkomentar