Warga Serbu Operasi Pasar Bawang Putih

OP bawang putih di pasar Rejowonangin Kota Magelang , Rsbu (6/12), untuk menstabilkan harga yang relatif tinggi. (Foto: ch kurniawati)
?

MAGELANG Raut wajah Esti Widayati nampak sumringah ketika ia mendapatkan satu karung bawang putih seberat 20 kg. Meski sedang puasa, ia rela berpanas-panas untuk antre bersama warga lain yang ingin mendapatkan bawang putih dengan harga yang murah.

“Alhamdullilah, akhirnya dapat satu karung ,” katanya sambil menyeka peluh yang membasahi keningnya.

Pelaku UMKM keripik sayur dari Jalan Jeruk Timur, kelurahan Kramat Selatan Kota Magelang ini, sebelumnya sudah diberitahu akan ada Operasi Pasar (OP) bawang putih di Pasar Rejowinangun, Rabu (7/6).

Ia pun dengan mengendarai sepeda motor langsung menuju lokasi OP di lantai 2 Pasar Rejowinangun.

“Harganya jauh lebih murah dibanding dengan harga di pedagang atau pengecer,” katanya.

Harga bawang putih dalam OP dikatakan oleh Etik, panggilan akrabnya hanya Rp 21 ribu/kg. Padahal sudah seminggu terakhir, harga mencapai Rp 40 ribu/kg untuk jenis Sinco dan Rp62 ribu/kg jenis kating.

Sebagai pengusaha kecil, harga bawang yang jauh lebih murah ini, mampu menekan pengeluaran biaya produksi.

“Mudah- mudahan sering ada OP,” katanya berharap.

Meski begitu, Etik cukup menyayangkan kondisi bawang yang cukup basah. Sebab bawang dengan kondisi seperti itu kurang kuat memberikan aroma wangi bawang. Karenanya, ia harus segera menggunakan bawang itu agar tidak segera membusuk. Dosis bawang untuk bumbu juga harus ditambah.”Kalau kondisi badah seperti ini cepat membusuk,” ungkapnya.

Berbeda halnya dari Etik, Uut Fitriana justru memborong bawang OP ini untuk kemudian akan dijual lagi. Warga Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang ini membeli bawang OP sekitar 4 sak dan akan dijual lagi di pasar.

Sementara itu, Kasi K3 Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang, Agus Yadi mengutarakan, OP bawang putih ini memang langsung dari Kemendag RI. Salah satu tujuannya dapat menekan pedagang agar tidak menjual dengan harga terlampau mahal.

Di Magelang harga bawang  putih relatif tinggi. Bahkan beberapa waktu lalu ada swalayan yang menjual dengan harga Rp78 ribu/kg.

Disebutkan, meskipun sebenarnya mahal atau tidak itu relatif. Sekarang harga bawang putih jenis sinco Rp 40.000/kg dan kating Rp 62.000/kg. Harga menjadi  naik, karena melihat kebutuhan di bulan Puasa ini juga terlihat tinggi.

Kemendag menurunkan operasi pasar (OP) bawang putih sebanyak 8 ton. Bawang putih sebanyak itu diangkut dengan mobil truk .Bawang putih impor yang dalam kondisi basah ini dijual Rp 23.000/kg untuk ukuran 1-5 kilogram, sedangkan ukuran per sak isi 20 kilogram dijual Rp 21.000/kg.

Sementara itu, OP bawang putih habis dalam waktu relatif singkat. Penjualan yang dimulai pukul 11.00 berakhir pukul 13.00 wib. (MJ-24)

dprd kota semarang
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

9 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.