Home > JATENG RAYA > METRO SEMARANG > Warga Sekopek Protes Proyek Galian C

Warga Sekopek Protes Proyek Galian C

 

Ilustrasi
Ilustrasi

KENDAL – Warga yang tinggal di sepanjang jalan raya Sekopek Kaliwungu, Kendal, mengeluhkan debu yang diakibatkan truk galian C yang kerap melintas di wilayah tersebut. Akibatnya, usaha mereka juga terganggu, khususnya bagi pemilik warung makan. Kondisi jalan juga mengalami kerusakan sepanjang 2 kilometer.

Sebelumnya warga yang bermukim di sepanjang Jalan Sekopek Kecamatan Kaliwungu  tidak pernah membayangkan akan hidup dengan ganggaun debu. Puluhan tahun lalu, mereka hidup laiknya masyarakat di daerah lain, yang memanfaatkan rumah sekaligus tempat usaha.

Debu-debu mulai mengganggu, bahkan membuat usaha mereka semakin sepi terutama yang usaha warung makan. Selain membuat sepi usaha, debu-debu yang diakibatkan armada galian c tersebut juga mengancam kesehatan warga setempat. Seperti penyakit kulit, batuk-batuk serta iritasi mata.

Aminah contohnya, warga setempat mengatakan bahwa keberadaan Galian C tersebut mengakibatkan banyak debu yang bertebaran. Warga bahkan tidak sedikit yang mengalami gatal-gatal dan batuk. “Ini sudah terjadi lama sekali, sejak ada Galian C di Protomulyo. Anak saya juga sudah dua kali mengalami gatal-gatal. Saya dan suami juga pernah gata-gatal dan batuk,” katanya.

Menurut dia, debu-debu itu bukan hanya sesaat atau di waktu tertentu melainkan setiap hari mengotori rumahnya. Bahkan semua rumah milik warga di sepanjang Jalan Sekopek penuh dengan debu. “Bukan hanya teras, tapi sampai kamar dan tempat tidur. Itu yang mebuat gatal-gatal. Ya, hampir tiap waktu selalu menyapu dan bersih-bersih,” lanjutnya.

Selain mengakibatkan penyakit, debu tersebut juga menghambat perekonomian warga. Sebab, warung kuliner akan terganggu dengan kemunculan debu yang menempel di tiap tempat, terutama makanan yang dijual. Aminah juga sempat berpikir akan pindah rumah untuk menghindari kenyamanan dan demi kesehatan keluarganya.

Lain lagi dengan Siti Sundari, salah seorang pedagang minuman di Jalan Sekopek yang mengaku sangat tergangggu dengan debu yang diakibatkan armada Galian C yang melintas. Sebab, debu yang beterbangan banyak yang masuk ke makanan yang dijualnya. Bagaimanapun ini berdampak bagi masyarakat. Jadi pemerintah harus mencari solusi,” tuturnya. (MJ-01)

 

 

Ini Menarik!

Akhir Pekan, Artis FTV Ini Jajal Turntable E Plaza

Share this on WhatsApp SEMARANG – Akhir pekan kali ini, Entertainment Plaza Semarang akan menghadirkan …

Silakan Berkomentar