Warga Korban Banjir Kendal Mulai Terserang Penyakit

Anggota TNI dan warga membersihkan lumpur bekas banjir bandang Senin (12/02) siang. (Foto: metrojateng.com/edi prayitno)

 

KENDAL – Tiga hari pasca-banjir bandang di Kaliwungu Kendal, endapan lumpur masih tinggi. Masih banyak sampah di salah satu wilayah yang terkena banjir, Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Kendal, Senin (12/2) siang. Warga korban banjir mulai terserang penyakit.

Sementara, sarana kesehatan di lokasi terdampak banjir, minim. Warga terserang batuk dan demam. Beberapa warga juga menderita luka akibat terkena benda tajam saat banjir datang.

Posko bencana mulai membuka pengobatan gratis di lokasi. Warga yang mengeluh sakit memanfaatkan posko kesehatan dari RS Darul Istiqomah dan Puskesmas Kaliwungu. “Saat banjir dan membersihkan lumpur, kaki saya terkena pecahan kaca dan sobek. Belum sempat diobati, kemarin hanya diberi obat merah. Sekarang minta dibersihkan dan diberi perban agar cepat kering,” kata Tio, salah satu korban luka.

Warga masih tampak membersihkan puing rumah dan sisa banjir. Sejumlah anggota TNI dan relawan tampak membersihkan lumpur di jalan-jalan perkampungan. Sementara itu, bantuan untuk korban terus mengalir. Salah satunya dari SMA Negeri Kaliwungu Kendal. Siswa menggalang bantuan dan menyerahkannya ke posko bencana, untuk dibagikan kepada korban banjir.

Siswa SMA Negeri 1 Kaliwungu menyumbang sembako dan pakaian pantas pakai ke posko bencana Senin (12/02). (Foto: metrojateng.com/edi prayitno)

Mujiyono, salah satu guru SMAN 1 Kaliwungu mengatakan, bantuan berupa sembako dan pakaian pantas pakai terkumpul dari sumbangan siswa dan guru. “Tadi usai upacara siswa berinisiatif mengumpulkan bantuan keliling kelas. Guru juga dimintai sumbangan yang dibelikan sembako. Kalau pakaian pantas pakai masih ada saat pengumpulan HUT SMA Kaliwungu beberapa waktu lalu,” jelas Mujiyono.

Banjir bandang yang terjadi di Kaliwungu merusak puluhan rumah. Lima diantaranya hanyut dan ambruk. Sementara ratusan rumah terendam banjir hingga ketinggian satu setengah meter. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

64 − = 63

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.