Warga Kendal Rela Berdesakan demi Sembako Murah

KENDAL – Ratusan warga saling berebut dan berdesakan untuk mendapatkan sembako murah di Alun-alun Kendal, Rabu (30/5) siang. Stan yang menjual kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng dan gula pasir serta telur menjadi incaran warga karena dijual dengan harga lebih murah dari pasar.

Pasar Murah di Alun-alun Kendal diserbu warga. Foto: edi prayitno

Ratusan warga ini sudah mulai menyerbu sejumlah stand yang menyediakan sembako minyak goreng, gula, beras serta kebutuhan pokok lainnya sejak pagi. Meski belum resmi dibuka warga tidak sabar dan mulai merangsek ke meja stan.

Akibatnya aksi saling dorong dan berebut tidak dapat dikendalikan petugas yang berjaga di stand pasar murah kewalahan menghalau warga untuk tidak membeli terlebih dahulu.

Aksi dorong dan berdesakan ini mengakibatkan sejumlah ibu-ibu terjepit sementara warga yang berada di barisan belakang terus merangsek ke depan sehingga kericuhan tidak dapat dihindari. Warga rela berdesakan dan saling dorong karena barang yang dijual di pasar murah ini harganya jauh lebih murah dibanding di pasar.

Kamdanah misalnya, yang memborong sejumlah barang dari beberapa stan. Ia rela berdesakan agar bisa mendapatkan sembako murah yang akan dimanfaatkan selama Ramadan dan lebaran mendatang.

Diakuinya selisih dengan pasar antara Rp 4 ribu hingga Rp 8 ribu. “Harganya lebih murah seneng bias dapat sembako murah kalau bias tiap hari digelar,” katanya.

Sementara itu Kabag Perekonomian Setda Kendal, Muhamad Eko berharap dengan pasar murah ini bisa membantu warga untuk memenuhi kebutuhan lebaran mendatang. “Harga yang dijual di pasar murah ini memang lebih murah agar masyarakat tidak keberatan dengan kenaikan harga sembako di pasaran sekarang ini,” jelasnya.

Pasar murah yang rencananya dilaksanakan dua hari ini melarang pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal untuk ikut berbelanja. Pasar murah lebaran ini diperuntukan hanya bagi masyarakat umum. (MJ-01)

dprd kota semarang
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

53 − 50 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.