Home > HEADLINE > Warga Disabilitas Boleh Didampingi Saat Nyoblos

Warga Disabilitas Boleh Didampingi Saat Nyoblos

Pemilih disabilitas tunanetra memasukan surat suara ke kotak suara. FOTO: Rhobi Shani

JEPARA – Pada Pemilukada Jepara 2017 terdapat 430 pemilih disabilitas. Nantinya pemilih disabilitas boleh didamping saat pemungutan suara. Pendamping harus menjaga kerahasian pilihan pemilih. 

Komisioner KPU Subchan Zuhri menyampaikan, pemilih disabilitas seperti tunadaksa sebanyak 101 pemilih. Pemilih tunarungu dan tunawicara sebanyak 49 orang. Sedangkan pemilih tunagrahita 84 orang.
“Pemilih tunanetra 75 orang dan pemilih berkebutuhan khusus lainnya seperti jompo sebanyak 121,” urai Subchan, Senin (30/1/2017). 
Saat menyalurkan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS), Subchan melanjutkan, pemilih disabilitas dan berkebutuhan khusus boleh didampingi orang yang dipercaya pemilih. Namun, pendamping harus mengisi formulir pendamping pemilih disabilitas. Serta menjaga kerahasian pilihan pemilih.

“Petugas KPPS juga bisa membantu pemilih disabilitas saat pencoblosan,” ujar Subchan.

Surat suara bagi pemilih disabilitas, ditambahkan Subchan, sama dengan pemilih pada umumnya. Hanya saja, untuk pemilih disabilitas tunanetra dibantu dengan tamplate.
Seorang pemilih disabilitas Muhammad Muhlis menyampaikan, meski sudah melakukan simula pencoblosan dengan menggunakan tamplate, dia merasa masih butuh pendamping saat ke bilik suara. Itu lantaran, sebagai tunanetra, dia khawatir jika surat suara yang dicoblos tidak sah.

“Saya sudah tiga kali ikut pencoblosan pemilu. Juga sudah mencoba nyoblos dengan tamplate, tapi saya masih butuh pendamping,” ujar Muhlis.

Pada tamplate bagi tunanetra, terdapat kalimat yang menerangkan Pilkada Jepara dengan huruf braile. Di dalam tamplate terdapat nomor urut pasangan calon dan nama masing-masing pasangan calon. Serta tersedia dua kotak pencoblosan untuk menentukan pilihan.

“Ya, bisa membacanya. Mudah kok, ada nomornya juga,” tandas Muhlis. (oby)

Ini Menarik!

Pembangunan Proyek Vital Bandara Diprioritaskan

Share this on WhatsApp SEMARANG – Pengembangan Bandara Ahmad Yani Semarang khususnya pada proyek bangunan …

Silakan Berkomentar