Walang Kekek Buka Solo Keroncong Festival di Benteng Vastenburg

SOLO – Solo Keroncong Festival 2018 digelar di halaman Benteng Vastenburg, 20-21 Juli. Di pembukaan festival yang digelar tahunan tersebut, maestro keroncong Indonesia, Waldjinah membuka dengan tembang andalannya ‘Walang Kekek’.

Pembukaan Solo Keroncong Festival 2018 di Benteng Vastenburg, Jumat (20/7) malam. Foto: metrojateng.com

Walau duduk di kursi roda Waldjinah nampak masih fasih dan kuat menyanyikan tembang yang membuat namanya moncer tersebut. Dengan diiringi tarian Walang Kekek oleh sorang dancer, manjadikan suasana tembang Walang Kekek lebih hidup dan jenaka.

Setelah Waldjinah, orkes keroncong Tugu tampil memukau dengan tembang-tembang berbahasa Indonesia dan Portugis. Selanjutnya, berturut-turut ada Cong Rock dari Semarang, dan orkres keroncong dari Palembang.

Dalam sambutan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyampaikan jika keroncong adalah musik tradisional yang wajib dilestarikan agar senantiasa dikenal oleh masyarakat.

“Dengan adanya event ini kita berharap anak cucu kita bisa mengenal dan melestarikan keroncong kedepannya,” ujar Wali Kota.

Tak mau kentinggalan, Wali Kota juga mempersembahkan tembang berjudul ‘Dongengan’ dengan diiringi oleh orkes keroncong dari Bukit Asam, Palembang.

Sementara itu, salah seorang pengunjung Wiwik (48) mengaku senang dengan adanya keroncong festival. “Ini merasa nostalgia ya, apalagi dengarin Ibu Waljinah yang sudah lama tak manggung,” ujarnya. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.