Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Wagub Lepas Calon Haji Kloter I Asal Brebes di Embarkasi Solo

Wagub Lepas Calon Haji Kloter I Asal Brebes di Embarkasi Solo

ilustrasi
ilustrasi

BOYOLALI – Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko, melepas keberangkatan kloter pertama jamaah calon haji dari embarkasi Surakarta di asrama haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Senin (1/9) pagi. PPIH Embakasi Surakarta pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini, rencananya memberangkatkan sebanyak 26.538 calon haji asal Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Kloter pertama dari Kabupaten Brebes itu diterbangkan ke Mekah melalui bandara Adi Soemarmo, Boyolali sekitar pukul 07.20, dengan menggunakan pesawat Garuda.
Dalam kesempatan tersebut, Heru Sudjatmoko, mengaku optimis penyelenggaraan ibadah haji tahun ini akan lebih baik. Sebab untuk penyelenggaraan kali ini, biayanya lebih efisien dan pelayanannya juga ditingkatkan. “Quality control-nya ditingkatkan, termasuk juga jumlah petugas. Saya kira Kementrian Agama sekarang lebih transparan,” ujar Heru.
Wagub berpesan kepada para jamaah calon haji agar tetap menjaga kesehatannya dan stamina selama di tanah suci.
Humas Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta, Badrussalam, kepada wartawan mengatakan Kloter I, II dan III telah masuk asrama haji Donohudan pada Minggu (31/8). Kloter pertama dan kedua berasal dari Kabupaten Brebes. Sedangkan Kloter tiga, gabungan dari Kabupaten Brebes dan Tegal. Setiap kloter berjumlah 375 calon haji termasuk lima petugas pendamping.
Badrussalam menjelaskan, PPIH Embakasi Surakarta pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini, rencana memberangkatkan sebanyak 26.538 calon haji asal Jateng dan DIY. “Terdiri sebanyak 23.717 orang asal Jateng dan 2.821 orang asal DIY,” katanya kepada wartawan.
Sementara staf humas satgas PPIH, Musafak, kloter pertama ini terdapat lima jamaah yang ditunda keberangkatannya. Karena saat dilakukan pemeriksaan kesehatan di asrama haji Minggu (31/8), mereka diketahui sakit. Bahkan harus dirujuk ke RSUD dr Moewardi. Dua pendamping keluarga jamaah yang sakit tersebut akhirnya juga memutuskan untuk tidak ikut. Sehingga calon jamaah haji yang berangkat pada rombongan pertama tersebut sebanyak 354 calon jamaah haji. “Total yang berangkat pada kloter pertama sebanyak 368, terdiri atas 14 petugas dan 354 calon jamaah haji,” terangnya.
Untuk jamaah yang urung berangkat pada rombongan penerbangan pertama, lanjutnya, mereka akan diberangkatkan pada kloter berikutnya bila sudah dinyatakan sehat oleh yang berwenang. Kloter satu sampai tiga yang berasal dari Kabupaten Brebes dan Kota Tegal sejumlah 1.098 jamaah, diberangkatkan pada hari Senin. (MJ-07)

 

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar