Beranda JATENG RAYA METRO PANTURA Wadah Kreasi Pada 100 Rumah Warna Warni di Mranggen

Wadah Kreasi Pada 100 Rumah Warna Warni di Mranggen

86
0
BERBAGI

SEMARANG punya kampung pelangi, Kendal pun tak ketinggalan. Lebih dari 100 rumah di Kampung Mranggen Desa Kutoharjo Kaliwungu Kendal ini dicat berwarna warni dan dilukis berbagai macam gambar. Warna-warni di kampung ini merupakan kreasi warga agar daerahnya menjadi lebih bersih dan menarik.

Selain rumah, warga juga mewarnai jembatan maupun jalan. Tidak hanya itu, kamar mandi umum yang ada di tengah pemukiman juga dicat warna-warni. Kesan kumuh di tempat tersebut mulai hilang, digantikan dengan kemeriahan warna-warni.

Kampung warna Mranggen
Rumah di kampung Mranggen Desa Kutoharjo dicat berwarna-warni sebagai ikon kampung warna Mranggen. (Foto: metrojateng.com/Edi Prayitno)

Kampung warna bukan sekadar berwarna warni saja. Kreatifitas pemuda dan warga yang beraneka ragam bisa dituangkan di kampung ini. Tidak ada batasan bagi warga untuk menghias rumahnya agar lebih berwarna dan menanggalkan kesan kumuh.

Ide kampung warna ini berawal dari para pemuda mencari tempat untuk menuangkan kreatifitas menggambar. “Minimnya wahana untuk menuangkan kreasi ini malah menggiring proyek kampung warna dan disambut baik oleh warga serta pemuda kampung. Hasilnya terlihat kreasi seni pemuda dan warga Kampung Mranggen terlihat dari gambar dan lukisan di dinding rumah,” jelas penggagas Kampung Warna Bambang Yogi.

kampung warna mranggen
Jembatan di Kampung Mranggen tak luput dari kreasi warna warni. (foto: metrojateng.com/Edi Prayitno)

Bagi pemuda setempat, kampung warna ini memberi dampak positif bagi warga. “Selain bisa menuangkan ide kreasinya juga menghilangkan kesan kumuh pemukiman padat penduduk,” kata  Suparjan, pemuda kampung Mranggen.

Kampung warna ini akan dijadikan destinasi wisata yang dipadukan dengan wisata religi di Kaliwungu. Lokasi yang berada di dataran tinggi dekat dengan komplek makam yang menjadi tujuan wisata religi di Kaliwungu. (Edi Prayitno)