Vicky Shu Menikah di Taman Lumbini

Iring-iringan pengantar Ade Imam menuju pelaminan Taman Lumbini. (foto: metrojateng.com/ch Kurniawati)

MAGELANG – Pada Sabtu (23/9) senja, artis penyanyi Vicky Shu resmi menjadi Nyonya Ade di usia 30 tahun. Pelantun “Mari Bercinta 2” itu memilih Taman Lumbini  di kompleks candi Borobudur Magelang sebagai tempat untuk melangsungkan pernikahannya dengan Ade Imam Prabowo Arianto Nugroho Putro, pria asal Cilacap, putra bungsu almarhum Ahmad Mustofa dan Lilis Sutriasih.

Upacara pernikahan di candi peninggalan Dinasti Syailendra yang dibangud pada abad VIII ini, sejak lama menjadi impian Vicky. Ia mengaku suka yang hal berbau budaya dari adat manapun juga.

Vicky Veranita Yudhasoka, nama asli Vicky Shu, mengusung konsep tradisional Jawa klasik untuk upacara akad nikah dan resepsi pernikahannya. Prosesi digelar di alam terbuka, dengan latar belakang kemegahan Candi Borobudur. Hampir seluruh properti serta dekorasi yang digunakan serba tradisional. Mulai dari meja, kursi, tikar, dan pernak-pernik lainnya.

Mengenakan kebaya warna putih dipadu kain jarik, Vicky nampak cantik dan anggun. Sangat serasi dengan mempelai pria, Ade Imam (31), yang mengenakan beskap warna senada. Usai akad nikah, dilanjutkan dengan upacara panggih temanten atau mempertemukan kedua penganti diikuti keluarga besar.

Nampak seluruh keluarga dan tamu juga mengenakan pakaian adat Jawa. Makanan dan minuman yang disajikan untuk tamu undangan, sebagian besar merupakan menu tradisional. Diantaranya menu empal gentong, sup timlo, ikan kelapa, aneka sayuran, dawet dan makanan Indonesia lainnya.

Upacara pernikahan sendiri berlangusung tertutup. Hanya dihadiri oleh sejumlah anggota keluarga, teman dan kerabat kedua mempelai. Akad dipimpin oleh wali hakim, Kepala KUA Borobudur Muhammad Hakim, mulai sekitar pukul 16.40 WIB. Vicky sendiri menerima mahar seperangkat alat shalat dan uang tunai Rp 2.392.017.

Sehari sebelumnya,  Vicky menggelar prosesi siraman dengan adat Jawa Solo di Rumah Boedi, Dusun Tingal Wetan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Kemudian pada Sabtu (23/9) malam digelar resepsi pernikahan di taman Lumbini. Di antaranya hadir adik kandung Sri Sultan Hamengkubuwono X, KBPH Yudhaningrat. Tampak karangan bunga ucapan selamat yang dikirim dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Selamat Berbahagia Vicky dan Ade, Presiden Joko Widodo dan Keluarga”. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

82 − 73 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.