Beranda KAMPUS USM Susun Kurikulum Tingkatkan Kualitas Lulusan

USM Susun Kurikulum Tingkatkan Kualitas Lulusan

25
0
BERBAGI

SEMARANG – Program Studi S-1 Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Semarang (USM) menggelar Semiloka Kurikulum untuk memperbarui kurikulum agar sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Berbagai stakeholder dari bidang akademisi, pemerintahan, praktisi dan profesi yang berhubungan dengan ilmu komunikasi.

Semiloka Kurikulum Program Studi S-1 Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Semarang (USM) di Ruang Sidang Utama Gedung B. Foto: ade lukmono

Rektor USM, Andy Krisdasusila mengatakan pihaknya berharap banyak mendapat masukan dari stakeholder agar lulusan tidak tertinggal jauh dengan kemajuan dan kebutuhan industri.

“Saat ini kebutuhan industri pastinya berbeda setiap zamannya. Setiap lima tahun sekali, kami perlu melakukan up date kurikulum agar lulusan lebih berkompeten berkarir dunia industri,” katanya, Kamis (12/4).

Pembicara dari Ketua Prodi S-1 Ilkom FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta, Sri Hastjarjo menjelaskan, saat ini di dunia industri membutuhkan lulusan yang sesuai dengan perkembangan teknologi yang cepat.

Dia mencontohkan, di dunia media massa saat ini, wartawan diharuskan untuk menguasai perkembangan dunia multimedia. Meskipun wartawan media cetak, tetap diharuskan menguasai dan mampu menjadi penyiar dan bidang jurnalistik lainnya.

Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jawa Tengah, Teguh Hadi Prayitno mengusulkan adanya perkembangan kurikulum tentang pengelolaan media sosial. Hal ini lantaran media sosial merupakan media yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.

“Selain konvergensi media cetak, elektronik dan online, juga ada beberapa hal yang berubah, seperti Public Relation yang saat ini melebur menjadi marketing,” pungkasnya. (ade)