Usai Coblosan, Ratusan Pemudik Tinggalkan Jateng dari Tanjung Kendal

KENDAL – Ratusan pemudik asal Jawa Tengah mulai kembali ke Kalimantan usai melakukan pencoblosan. Mereka balik ke Kumai diangkut KMP Kalibodri dari Pelabuhan Tanjung Kendal.

Ratusan pemudik meninggalkan Jawa Tengah usai mengikuti Pilkada. Mereka diangkut KMP Kalibodri dari Pelabuhan Tanjung Kendal, Jumat (29/6) pagi. Foto: edi prayitno

Pada pemberangkatan Jumat (29/6) pagi, KMP Kalibodri mengangkut 523 penumpang dengan tujuan Kumai. Jumlah ini jauh lebih banyak dibanding keberangkatan pertama di arus balik Lebaran pekan silam yang hanya mengangkut 81 penumpang saja.

Ramainya penumpang KMP Kalibodri disebabkan warga memilih kembali ke Kalimantan usai pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah. Waluyo misalnya meski terpaksa menambah libur cuti Lebaran karena menunggu pilgub.

Warga asal Banjarnegara ini mengaku ingin menggunakan hak pilihnya di Pilgub Jateng. “Tadinya mau balik minggu lalu tapi karena ada Pilgub nunggu coblosan dulu baru balik ke Kalimantan,” katanya.

Sementara itu Kepala UPTD Pelabuhan Tanjung Kendal, Andi Rahmat mengatakan untuk keberangkatan kedua arus balik ini, jumlah penumpang meningkat hampir delapan kali lipat. “Dibandingkan keberangkatan pertama pekan lalu, untuk kali ini mengangkut 523 penumpang satu kendaraan berat dan belasan kendaraan pribadi,” jelasnya.

Diperkirakan lonjakan penumpang Kalibodri masih akan terjadi pada awal bulan Juli mengingat libur sekolah akan selesai pada pertengahan Juli mendatang. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 33 = 37

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.