Home > JATENG RAYA > Urai Pasar Tumpah, Ganjar Usul Pasang Pembatas Jalan

Urai Pasar Tumpah, Ganjar Usul Pasang Pembatas Jalan

image
Barikade portable. (Metro Jateng/Raditya Erwiyanto)

SEMARANG – Mengantisipasi pasar tumpah saat arus mudik lebaran 2015, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan membuat garis pembatas di setiap titik pasar yang berhadapan langsung dengan jalan raya. Personil tambahan juga disiagakan di sekitar pasar.

“Kita akan koordinasi dan memberikan garis batas, tumpahnya berapa. Ada satu titik untuk menyebarang. Yang bikin macet itu dibuat nyebrang lalu lalang tidak ada titiknya. Nah, Kita buat titiknya, ” jelas Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di sela pantauan jalur mudik di Wonosobo, Kamis (8/7).

Kemacetan di pasar, menurut Ganjar, disebabkan frekuensi kendaraan menyeberang dari dan ke pasar terlalu banyak. Otomatis arus melambat dan tersendat.

Data Dinas Perhubungan Jawa Tengah, terdapat 25 pasar tumpah yang tersebar di provinsi ini. Utamanya pasar tumpah yang melewati jalur pantura, seperti Brebes, Tegal, Pekalongan dan Batang. Belum lagi sejumlah pasar tunpah kecil-kecil di ruas jalur Selatan dan Tengah.

Saking banyaknya jumlah titik pasar tumpah itu, Ganjar meminta agar Dishub menambah jumlah personil yang bertugas mengatur setiap titik. Selain itu, petugas Dishub juga diminta menggandeng personil kepolisian dan masyarakat untuk melakukan penjagaan saat mudik nanti.

“Saya sudah minta kepada Dishub provinsi untuk koordinasi dengan Dishub kabupaten/kota dan Polres untuk mensikapi pasar tumpah ini, ” beber dia.

Solusi lain, lanjut Ganjar adanya pemasangan rambu-rambu sementara di wilayah yang akan memasuki titik pasar tumpah. “Tujuannya agar publik tahu, tulis saja anda akan memasuki pasar tumpah. Dan mereka bisa siap-siap untuk hati-hati, ” tegasnya. (byo)

Ini Menarik!

1 Sura, Ribuan Warga Kendal Rebutan Nasi Bungkus

KENDAL – Ribuan warga dari sejumlah daerah saling berdesakan dan berebut nasi sura dalam peringatan Haul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *