Beranda KAMPUS Unnes Gratiskan Uang Pangkal Kuliah bagi Penghafal Alquran

Unnes Gratiskan Uang Pangkal Kuliah bagi Penghafal Alquran

57
0

SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggratiskan biaya pendaftaran dan uang pangkal bagi calon mahasiswa yang hafal Alquran dan Kitab agama lainnya. Mereka termasuk dalam program syarat Bidikmisi seperti mahasiswa berprestasi kurang mampu. Pendaftaran seleksi mandiri kampus ini dibuka sejak 10 Mei 2018 hingga 8 Juli 2018.

nuzulul quran solo
Ilustrasi. Unnes membebaskan uang pangkal bagi mahasiswa baru penghafal Alquran. Foto: metrojateng.com/dok
Menurut Kahumas Unnes, Hendi Pratama, penghafal Alquran setara dengan prestasi nasional karena cara menghafal Alquran sarat dengan muatan akademis. Syarat minimalnya adalah mampu menghafal 27 Juzz Alquran dan akan ditest oleh yang berkompeten, begitu juga kitab agama lainnya.
“Biaya uang pangkal Seleksi Mandiri minimal 5 juta dan maksimal 15 juta. Tetapi gratis bagi mereka penghafal Alquran dan Kitab agama lainnya,” katanya, Selasa (3/7).
Sistem tersebut sudah berjalan tiga tahun dengan minimal ada sedikitnya 10 mahasiswa yang diterima karena menghafal Alquran. Tidak ada pembatasan kuota khsusus bagi penghafal Alquran.
Program ini merupakan cara kampus dalam mencari bibit Khotmil Quran tingkat kejuaraan MTQ. Bahkan setiap bulannya ada pembacaan Khotmil 30 Juzz di kampus pasca sarjana.
“Ini program kampus, karena kami memproyeksikan untuk kejuaraan MTQ nasional dan internasional yang selalu kami ikuti,” tambahnya. (ade)