Beranda HEADLINE Unik, Pohon Pisang di Boyolali Punya 7 Jantung

Unik, Pohon Pisang di Boyolali Punya 7 Jantung

71
0
Pohon pisang di kebun milik Sulardi memiliki tujuh jantung. Foto Metrojateng
Pohon pisang di kebun milik Sulardi memiliki tujuh jantung. Foto Metrojateng

BOYOLALI – Pisang unik tumbuh di kebun pekarangan rumah H Sulardi (53) warga Dukuh Jetis RT 05/02, Desa Bangak, Kecamatan Banyudono, Boyolali. Pohon pisang ambon lumut memiliki tujuh jantung.

Pisang itu pun menarik perhatian warga. Warga yang penasaran berdatangan ke rumah Sulardi untuk melihat langsung pohon pisang tersebut. Namun Sulardi menganggap, keunikan pada pohon pisang miliknya itu sebagai hal biasa karena kehendak Allah.

Awalnya, saat berbuah tidak ada keanehan. Seperti pohon pisang pada umumnya, batang pisang itu hanya menghasilkan satu buah jantung pisang. Namun setelah jantung pisang mekar, dibawahnya kemudian bercabang.

Dari cabang pertama bercabang lagi dan keluar tiga buah jantung pisang. Sedangkan cabang lainnya mengeluarkan empat jantung pisang. Keunikan lainnya, pelepah daun hanya tumbuh menyamping saja. Yaitu, ke arah utara dan selatan.

Padahal, biasanya, pelepah pisang tumbuh merata ke segala arah. “Tapi ini hanya tumbuh menyamping ke kanan dan kiri,” kata Sulardi kepada wartawan Minggu (30/11).

“Ya, ini saya anggap keanehan saja. Biasanya, pohon pisang kalau berbuah kan hanya menghasilkan satu buah jantung. Tetapi ini malah sampai tujuh,” imbuhnya.

Menurut dia, keanehan seperti itu tak hanya sekali ini saja. Beberapa waktu lalu, dari pohon pisang di rumpun yang sama, pernah berbuah ganda. Satu buah tumbuh normal dari bagian pucuknya dan satu jantung pisang muncul dari bagian tengah batang. (MJ-07)