Beranda JATENG RAYA METRO SOLO Unik! Pemilihan Ketua RT Diikuti 78 Calon di Sukoharjo

Unik! Pemilihan Ketua RT Diikuti 78 Calon di Sukoharjo

3
0

image

SUKOHARJO – Hingar bingar pemilihan presiden sudah berlalu, tapi semangat berdemokrasi di kampung ini belum luntur. Ya, rekor pemilihan ketua RT (pilpkaret) dengan calon terbanyak baru saja pecah di Kampung Mlangsen RT 02/ VI, Kelurahan Joho, Sukoharjo. Sebanyak 78 calon bersaing menjadi ketua RT pada pemilihan yang dilakukan Sabtu (13/9) malam. Kegiatan tersebut tercatat di buku Muresko (Museum rekor sukoharjo) dengan jumlah peserta terbanyak.

Jalu Haryanto, anggota komisi pemilihan RT 02/VI Kampung Mlangsen, Kelurahan Joho, mengatakan, Pilkaret ini sudah dilakukan ketigakalinya. Setiap 5 tahun sekali diselenggarakan pilkaret yang diikuti seluruh KK. Kegiatan ini akan terus dilakukan sebagai bentuk demokrasi warga terkecil yakni di tingkat RT. 

Layaknya proses pemilu legislatif, ada panitia disebut Komisi Pilkaret yang mendata warga untuk masuk dalam DPT (daftar pemilih tetap) kemudian membuat surat suara yang berisi foto dan nama seluruh calon, kampanye, proses pemungutan suara hingga penghitungan suara. Untuk menarik partisipasi warga, dalam acara yang digelar di Balai pertemuan RT tersebut juga disediakan doorprize.

Pada kesempatan itu pula, Ketua Muresko Bimo Kokor Wijanarko menyerahkan piagam rekor dengan peserta pilkaret terbanyak. “Bisa jadi ini bentuk demokrasi paling fair karena semua warga mendapat hak dan kewajiban yang sama dalam pemilihan ketua RT, rekor ini pantas diberikan untuk warga RT 02/VI Mlangsen,”ungkap Bimo Kokor.

Pada pemilihan itu, ketua RT incumbent yakni Sarjito masih mendapat kepercayaan untuk memimpin RT 02 hingga lima tahun mendatang. Dia mengungguli calon lainnya, dengan perolehan suara sebanyak 160 suara dari total DPT sebanyak 246 warga. (MJ-12)