Home > JATENG RAYA > Umumkan DPS, KPU Tunggu Masukan Masyarakat

Umumkan DPS, KPU Tunggu Masukan Masyarakat

Pemasangan DPS di Balai Desa Kecapi Kecamatan Tahunan, Jepara, Jawa Tengah. FOTO: Rhobi Shani

JEPARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, umumkan nama-nama daftar pemilih sementara (DPS) di 195 desa dan kelurahan. Selain di kantor desa dan kelurahan, DPS juga ditempel di tempat strategis.

Komisioner KPU Jepara Subchan Zuhri menyampaikan, pengumuman DPS ini merupakan amanat dari pasal 58 ayat (6) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016. DPS diumumkan secara luas di papan pengumuman untuk mendapatkan masukan dan tanggapan masyarakat.

“Pengumuman ini selama 10 hari, terhitung mulai hari ini. Selama jadwal pengumuman DPS, masyarakat dapat memberikan tanggapan dan masukan,” ujar Subchan, Kamis (10/11/2016).

Selama masa pengumuman, Subchan melanjutkan, pemilih atau anggota keluarga atau pihak yang berkepentingan dapat mengajukan usulan perbaikan mengenai penulisan nama dan atau identitas lainnya yang tercantum dalam DPS kepada PPS. Selain itu, juga dapat memberikan usulan perbaikan berkaitan dengan informasi tentang pemilih kepada PPS. Itu seperti, pemilih telah memenuhi syarat usia 17 tahun pada tanggal 15 Februari 2017.

“Atau juga dapat memberi tanggapan jika ada pemilih sudah/pernah kawin di bawah umur 17 tahun, pemilih sudah pensiun dari TNI atau Polri dan/atau pemilih yang berubah status menjadi TNI atau Polri,” papar Subchan.

Tanggapan masyarakat juga adapat berupa informasi jika ada pemilih sudah meninggal dunia, pemilih sudah tidak lagi berdomisili di wilayah desa atau kelurahan, pemilih terdaftar lebih dari satu kali, dan/atau pemilih terdaftar tetapi sudah tidak lagi memenuhi syarat sebagai pemilih.

“Jika ada usulan perbaikan sampaikan kepada PPS dengan menunjukkan dan menyerahkan fotocopy KTP atau surat keterangan dari pemilih yang informasinya diusulkan untuk diperbaiki, serta mengisi formulir model A1.A-KWK,” terang Subchan.

Jumlah DPS di Jepara dalam Pilkada Jepara 2017, ditambahkan Subchan, sebanyak  berjumlah 868.076. Terdiri dari pemilih laki-laki 432.687, dan pemilih perempuan 435.389. Jumlah DPS ini masih memungkinkan berubah jika dalam masa perbaikan DPS nanti ada masukan dari masyarakat.

“Hasil perbaikan DPS oleh KPU akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap,” pungkas Subchan. (Oby)

Ini Menarik!

Pasar Klitikan Rampung, PKL Bantaran BKT Harus Pindah Mulai Januari

Share this on WhatsApp SEMARANG – Pasar Klitikan di Penggaron telah selesai dibangun Pemerintah Kota …

Silakan Berkomentar