Home > JATENG RAYA > EKONOMI BISNIS > UMKM Jateng Paling Banyak Serap Tenaga Kerja

UMKM Jateng Paling Banyak Serap Tenaga Kerja

SEMARANG – Jumlah pelaku usaha skala mikro kecil di Jawa Tengah selama kurun waktu setahun terakhir mengalami pertumbuhan pesat. Data survei ekonomi Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan ada kenaikan jumlah pelaku usaha mikro kecil sebesar 13,06 persen pada 2016 kemarin bila dibanding tahun sebelumnya.

“Ini artinya sebuah capaian yang bagus bagi dunia usaha di wilayah kita mengingat jumlah pengusaha skala mikro kecil kini bertambah jadi 14,17 juta unit atau tumbuh 13,06 persen,” ungkap Kepala BPS Jateng Margo Yuwono, saat bertatap muka dengan awak media di Crown Hotel Jalan Pemuda, Semarang, Rabu (24/5).

Ia mengungkapkan survei yang ia lakukan setahun terakhir ini baru langkah awal dengan melihat seberapa besar perkembangan variabel jumlah usaha dan tenaga kerja yang ada saat ini.

Menurutnya perkembangan dunia usaha yang pesat nantinya akan divalidasi lebih lanjut sehingga jadi data akurat untuk acuan pemerintah provinsi Jawa Tengah.

Ia pun mengaku gembira dengan capaian tersebut seiring dengan pertumbuhan usaha dalam rentang 10 tahun terakhir yang ikut meningkat pesat.

“Di satu sisi, dari serapan tenaga kerjanya juga bertambah 21 persen. Lebih tinggi dibanding provinsi lainnya di Indonesia,” kata Margo lagi.

Lebih jauh lagi, ia menuturkan bahwa dunia usaha lokal kebanyakan bergerak di sektor UMKM. Bahkan, usaga mikro mendominasi hampir 98 persen sedangkan sisanya pengusaha kelas menengah.

Ia mendorong para pelaku usaha mikro supaya meningkatkan kualitasnya menjadi pengusaha menengah besar. Inu penting, kata Margo demi memacu daya saing mereka di tingkat global.

Ia menyarankan kepada usaha mikro kecil untuk membenahi kualitas produknya.

“Makanya, kami mendorong agar mereka naik kelas. Lagipula sekarang komposisinya paling masih mikro kecil. Harus ditingkatkan lagi biar tetap eksis,” jelasnya.

Survei dunia usaha masih akan dilanjutkan pada Agustus dan September nanti. Pihaknya akan melihat berkaitan dengan prospek usaha mikro dan menengah besar. (far)

Ini Menarik!

Gerindra Bakal Umumkan Cagub Jateng Pekan Depan

Share this on WhatsApp SEMARANG – Nama calon gubernur (cagub) yang akan diusung Partai Gerakan …

Silakan Berkomentar