Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > UMK Boyolali 2015 Mulai Dirumuskan

UMK Boyolali 2015 Mulai Dirumuskan

image
Survei KHL juga dilakukan di pasar tradisional. Foto Metrojateng

BOYOLALI – Dewan Pengupahan Kabupaten Boyolali mulai merumuskan Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2015. Penentuan besaran UMK akan didasarkan hasil survey kebutuhan hidup layak (KHL).

Kabid Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Boyolali, Joko Santoso mengatakan, survei KHL dilakukan dari Januari hingga Agustus 2014 ini di tiga pasar tradisional besar di Boyolali. Yaitu Pasar Kota Boyolali, Pasar Sunggingan dan Pasar Candi, Pengging, Banyudono. Survey KHL mengacu Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 13/2012 tentang Pedoman Survei KHL.

Berdasarkan peraturan itu, survei meliputi 60 item, di antaranya kebutuhan pokok makan, transportasi, sewa kamar, pendidikan, rekreasi, pakaian. “Hasil survey masing-masing item rata-rata mengalami kenaikan. Kecuali transportasi dan sewa kamar, kami masih akan lakukan survei selanjutannya,” kata Joko Selasa (2/9).

Hasil survei tersebut akan menjadi pedoman dan pijakan dalan penentuan besaran UMK tahun depan yang akan dibahas oleh Dewan Pengupahan yang terdiri Pemerintah, pekerja melalui serikat pekerja, kalangan akademisi dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Dengan kenaikan harga beberapa elemen itu, pihaknya berharap UMK Boyolali 2015 bisa 100 persen KHL dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar 91,38 KHL.

Terpisah, anggota DPRD Boyolali, Agus Ali Rosyidi, meminta Dinsosnakertrans setempat melakukan pengawasan ketat terkait penerapan UMK di perusahaan-perusahaan. Bahkan dinas diminta tegas menindak perusahaan yang belum menggaji karyawannya sesuai UMK yang berlaku.

“Sebab kenyataannya, masih banyak perusahaan di Kabupaten Boyolali yang menggaji karyawannya tidak sesuai UMK. Ini karena apa? Kami minta dinas terkait tegas,” kata Ali.

Besaran UMK Boyolali tahun 2014 sebesar Rp. 1. 116.000 atau 91,38 KHL. (MJ-07)

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar