Home > Uncategorized > Uji Coba Jembatan Comal, Polda Siagakan Personel di Simpul Kemacetan

Uji Coba Jembatan Comal, Polda Siagakan Personel di Simpul Kemacetan

image
Jembatan Comal akan diuji coba mulai besok. Foto Metro/dok

SEMARANG – Perbaikan Jembatan Comal Pemalang sisi utara direncanakan selesai Rabu (23/7) malam ini dan akan diuji coba Kamis (24/7) besok. Jika uji coba berhasil, jembatan bisa digunakan mulai Jumat (25/7).

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Jateng AKBP Tulus Ikhlas Pamodji mengatakan, situasi di jembatan penghubung Pemalang-Pekalongan itu masih menyisakan perbaikan tahap akhir. “Komunikasi terakhir kita dengan pihak Bina Marga dan Pekerjaan Umum (PU), Jembatan Comal Pemalang akan diuji coba besok (Kamis), ” katanya, Rabu (23/7).

Dalam rangka uji coba tersebut, Polda Jateng akan menerjunkan personil untuk pengamanan. “Kita tempatkan petugas-petugas kita di simpul penting yang rawan kemacetan. Kita juga lakukan patroli kendaraan, ada 10 kendaraan yang sudah dipersiapkan,” katanya.

Kendati demikian, pihaknya belum mengetahui pasti apakah pasca dibukanya jembatan Comal akan diberlakukan sistem dua arah ataupun sistem buka tutup. Pasalnya, jembatan hanya bisa dilalui satu lajur kendaraan baik dari arah barat (Jakarta-Pemalang-Pekalongan) maupun timur (Pekalongan-Pemalang-Jakarta).

“Sistem apakah buka tutup masih dalam kajian bersama dengan instansi terkait lainnya, ” kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Teknik Dinas Bina Marga Jateng, Hanung Triyono mengatakan, pihaknya terus menggenjot perbaikan jembatan Comal Pemalang untuk siap dilalui pada H-3 Lebaran. Proses pengurugan di jembatan telah diselesaikan pada Selasa malam.

“Kita tinggal memasang agregat kelas A sebelum dilakukan proses pengaspalan. Jika tidak ada hujan maka pengaspalan dilakukan hari ini hingga malam hari, ” kata dia.

Ia memastikan proses uji coba bisa dilakukan pada Kamis besok, 24 Juli 2014. Bahkan jika tidak ada hambatan pada uji coba, jembatan akan langsung dibuka untuk kendaraan hari itu juga. “Tapi kita lihat dulu pondasinya, kalau siap betul ya kita buka, ” imbuhnya.

Pasca dibuka nanti, Hanung belum bisa memastikan apakah akan dilakukan lalu lintas dua arah atau satu arah. Menurutnya, hal itu tergantung jumlah kendaraan yang akan melewati wilayah tersebut.

“Kalau lengang bisa dua arah, tapi prediksi kita hanya satu arah dari barat ke timur, sedangkan timur ke barat lewat jalur alternatif, ” beber dia.(MS-08/les)

Ini Menarik!

PKL Resmi di Semarang Akan Diberikan Kartu Anggota

Share this on WhatsApp SEMARANG – DPRD Kota Semarang sedang berusaha membuat peraturan yang mengatur …

Silakan Berkomentar