Tuntas, Pembangunan Magelang Tak Ada yang Putus Kontrak

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito berjoget bersama siswa siswi SMP se-Kota Magelang di sela peresmian hasil pembangunan Kota Magelang dengan APBD 2017. (foto: metrojateng.com/cg Kurniawati)

 

MAGELANG – Proyek pembangunan Kota Magelang menggunakan APBD 2017 dinyatakan berjalan dengan baik. Walikota Magelang Sigit Widyonindito mengatakan, seluruh proyek pembangunan tak ada yang putus kontraknya.

Kendati demikian, ada beberapa bangunan yang memerlukan pembenahan, lantaran kurang sempurna. “Tapi itu hal-hal kecil seperti grendel pintu, dan lainnya,” ungkap Sigit dalam peresmian hasil pembangunan tahun anggaran 2017 di GOR Samapta, Rabu (7/2). Pihaknya sudah meminta pihak pemborong untuk membenahi dan menyempurnakan pekerjaan tersebut.

“Kalau selama masa pemeliharaan belum juga bagus, maka saya tidak akan membayar biayanya,” tegas Sigit. Ia menyebutkan, ada beberapa rencana pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2018. Diantaranya, bangunan 8 lantai di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tidar, kolam renang di belakang GOR Samapta, dan lainnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Sugiharto mengatakan, pada tahun anggaran 2017 terdapat 203 program dengan 2835 kegiatan yang dilaksanakan. Total belanja untuk membiayai program dan kegiatan tersebut yaitu sebesar Rp 1.075.673.121.000.

Rincian penggunaan anggaran tersebut yakni belanja langsung sebesar 65 persen, yakni Rp 694,67 miliar. Juga belanja tidak langsung sebesar 35 persen, yakni Rp 380,99 miliar. Tahun 2016 lalu, total belanja Kota Magelang mencapai Rp 1,017 triliun. Terdiri dari belanja langsung 58 persen, sebesar Rp 585,118 miliar, dan belanja tidak langsung 42 persen, sebesar Rp 432,348 miliar.

Menurutnya, adanya peningkatan belanja APBD ini antara lain karena adanya peningkatan kemampuan keuangan daerah dari Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dalam lima tahun terakhir, PAD Kota Magelang mengalami peningkatan cukup signifikan.

Ada hal unik dalam peresmian pembangunan ini. Wali Kota Sigit memilih menunda makan siangnya, dmei bisa berjoget bersama siswa-siswi SMP yang hadir dalam peresmian tersebut. Sigit keluar dari ruang transit yang dipenuhi tamu undangan.

Sigit bergabung dengan para siswa yang berjoget dengan iringan lagu milik band Armada yang sedang tenar, “Asal Kau Bahagia”. “Wah saya tidak tahan untuk tidak berjoget dengan anak-anak. Mereka sangat bersuka cita,” kata Sigit.

Peresmian berlangsung di gedung olahraga yang baru selesai di renovasi. Dalam acara ini ditampilkan tari kolosal Cipta Babar karya Calungan dan olahraga taekwondo. Seni bela diri taekwondo yang ditampilkan perhatian dan sambutan dari tamu undangan yang terdiri dari Forpimda, anggota DPRD, pengusaha, tokoh masyarakat, mantan pejabat dan ratusan pelajar se-Kota Magelang.

Puluhan atlet Taekwondo yang terdiri dari anak-anak hingga remaja unjuk kebolehan. Beberapa atlet remaja unjuk kebolehan dengan menendang kayu hingga hancur berkeping-keping. Yang menarik, ada beberapa atlet yang mampu menendang papan kayu di ketinggian 2,5 meter. Juga menendang papan kayu dengan mata tertutup. (MJ-24)

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

59 + = 66

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.