Tunggu Rekomendasi, Izin Penambang Rakyat Tak Kunjung Terbit

image
Ilustrasi

MUNGKID– Surat izin penambangan rakyat (SIPR) tak kunjung diterbitkan oleh pemerintah Kabupaten Magelang. Dinas pekerjaan umum energi dan sumberdaya mineral mengatakan proses perizinan berada di tangan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSO).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Energi dan Sumber Daya mineral (DPU-ESDM) Kabupaten Magelang, Sutarno kembali menegaskan, pihaknya masih menunggu rekomendasi dari BBWSSO. “Kami juga kesulitan untuk konfirmasi ke sana (BBWSSO -Red),” katanya.

Terpisah, Koordinator LSM Gemasika Iwan Hermawan berharap BBWSSO segera mengeluarkan rekomendasi teknis. “Kami harap BBWSO berempati pada penambang manual agar mereka tidak merasa dipermainkan dalam upaya mematuhi aturan main, mengajukan izin sesuai prosedur yang berlaku,” kata Iwan

Di bagian lain, Gemasika juga mempertanyakan langkah Pemkab Magelang dalam menjalin koordinasi dengan BBWSSO. Jika komunikasi sudah terjalin baik sejak awal, tentu akan dapat mempermudah proses penerbitan rekomendasi.

“Paling tidak, pemkab dapat menyampaikan informasi yang jelas kepada pemohon izin penambangan tentang tahapan-tahapan yang akan ditempuh BBWSSO sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan surat rekomendasi teknis,” kata dia. (MJ-14)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.