Home > JATENG RAYA > Tujuh Kecamatan di Kendal Krisis Air Bersih

Tujuh Kecamatan di Kendal Krisis Air Bersih

BPBD Kendal mengirimkan bantuan air bersih ke Desa Pekuncen. (foto: metrojateng.com/Edi Prayitno)

KENDAL – Sedikitnya tujuh kecamatan di Kabupaten Kendal mengalami krisis air bersih. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal menyebutkan ada 17 desa dalam tujuh kecamatan tersebut yang mengalami kekeringan. Salah satunya Desa Pekuncen Kecamatan Pegandon.

Sumur dan sumber air bersih di desa tersebut mulai mengering. Menurut warga, air sumur hanya bisa diambil sekitar tiga ember saja. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, warga harus membeli air seharga Rp 5.000 per galon.

Droping air bersih dari Pemerintah Kabupaten Kendal, menjadi harapan warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Rabu (13/9) BPBD Kendal melakukan droping air ke Desa Pekuncen.

Warga lantas berlarian membawa ember begitu mengetahui truk tangki air bersih datang. Para manula tak ketinggalan. Meski tertatih-tatih kakek dan nenek ini membawa ember untuk mendapatkan air bersih bantuan pemerintah. Mereka lantas membentuk antrean.

“Setiap musim kemarau Desa Pekuncen selalu kekurangan air bersih,” kata Suwanto, salah seorang warga Pekuncen.

Kepala BPBD Kendal, Sigit Sulistyo mengatakan droping air dilakukan jika ada permintaan dari desa untuk melakukan pengiriman bantuan. “Kami baru melakukan droping air bersih di dua desa yakni di Ngampel dan Pekuncen Pegandon,” jelas Sigit.

Untuk setiap pengiriman bantuan air bersih, BPBD menyiapkan dua truk tangki dan dibagikan merata ke seluruh warga yang terdampak kekeringan. Pihaknya berharap desa yang rawan kekeringan bisa menganggarkan tandon air dari dana desa.

“Kami berharap desa bisa membangun tandon air. Hal ini dilakukan agar droping air bersih bisa cepat dilakukan dan bisa menampung lebih banyak pasokan air bersih,” pungkasnya. (MJ-01)

 

Ini Menarik!

1 Sura, Ribuan Warga Kendal Rebutan Nasi Bungkus

KENDAL – Ribuan warga dari sejumlah daerah saling berdesakan dan berebut nasi sura dalam peringatan Haul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *