Trafik Data XL selama Lebaran Naik 95 Persen Didominasi Streaming

PT XL Axiata berhasil melalui masa krusial selama libur Lebaran, mulai 8 – 17 Juni 2018. Dalam rentang waktu 10 hari tersebut, trafik penggunaan layanan data XL Axiata mengalami lonjakan hingga sekitar 30 persen dibanding hari biasa, dan 95 persen dibandingkan tahun lalu. Khusus untuk trafik layanan 4G, naik hingga 45 persen.

Trafik data XL melonjak hingga 95 persen selama libur Lebaran. Foto: istimewa

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan, Lebaran memang selalu menjadi momen yang krusial bagi kami sebagai penyedia layanan data dan telekomunikasi. Tidak hanya di jalur mudik saja tapi juga tempat keberangkatan seperti bandara, pelabuhan, stasiun kereta, stasiun bus, dan rest-area serta tempat-tempat wisata.

Trafik data tertinggi selama periode 10 hari tersebut didominasi antara lain oleh trafik data streaming (video dan musik) mencapai 47 persen. Penggunaan data berikutnya secara berurutan adalah web browsing 16 persen, Instant Messaging 13 persen dan media sosial 12 persen.

Untuk layanan VoIP naik 20 persen. Bersama instant messaging, VoIP saat ini menjadi pilihan masyarakat pada umumnya sebagai pengganti layanan SMS dan voice/telepon. Kedua layanan ini menjadi pilihan mengirimkan ucapan Ramadan dan Lebaran. Penggunaan aplikasi Facebook Messenger meningkat hingga 55 persen GoogleDuo 20 persem, Hangout 16 persen dan Whatsapp 15 persen.

Selain itu, kenaikan trafik yang sangat signifikan juga terjadi pada akses ke layanan penunjuk rute jalan seperti Waze dan Google Map, yaitu masing-masing 55 persen dan 135 pesen. (ade)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 5 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.