Home > JATENG RAYA > METRO SEMARANG > Tolak RUU Pilkada, Massa Lempar Tomat Busuk ke Gedung Dewan Kendal

Tolak RUU Pilkada, Massa Lempar Tomat Busuk ke Gedung Dewan Kendal

Massa Jamak menggelar aksi menentang pilkada lewat DPRD. Foto Metrojateng
Massa Jamak menggelar aksi menentang pilkada lewat DPRD. Foto Metrojateng

KENDAL – Belasan orang yang tergabung Jaringan Masyarakat Kendal (Jamak ), menggelar aksi penolakan penetapan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pilkada dan menolak pelaksanaan pilkada tidak langsung, Kamis (18/9) siang. Massa melempari tomat busuk ke gedung DPRD Kabupaten Kendal sebagai simbol penolakan RUU yang hanya melegalkan transaksional.

Dengan menggunakan topeng,  massa Jamak ini berjalan kaki menyusuri Pantura Kendal menunju gedung DPRD Kabupaten Kendal. Sambil meneriakan yel-yel penolakan RUU Pilkada, massa juga berorasi pemilu tetap dilaksanakan secara langsung. Bentuk penolakan RUU Pilkada ini, massa yang berjalan kaki dan bertopeng serta tiduran di jalur Pantura Kendal serta sempat memacetkan arus lalu lintas. Petugas kepolisian harus membujuk pengunjuk rasa agar melanjutkan perjalanan ke gedung dewan.

Di depan gedung dewan massa tidak ditemui satupun anggota DPRD Kabupaten Kendal, yang saat ini sedang melaksanakan bimbingan teknis di luar kota. Dalam orasinya massa menilai RUU Pilkada yang akan disahkan hanya akan membodohi dan mencoba menghilangkan partisipasi masyarakat dalam berpolitik.

“Pemilihan kepala daerah yang dilakukan wakil rakyat hanya akan melegalkan transaksional dan budaya sogok menyogok. Tidak hanya itu pelaksanaan pilkada secara tidak langsung justru melanggar konstitusi dan membodohi rakyat,” ujar Misrin, kordinator aksi.

Sebagai bentuk penolakan terhadap RUU Pilkada massa melemparkan tomat busuk ke arah gedung dewan. Pelemparan tomat busuk juga sebagai bentuk kekecewaan, kepada anggota dewan yang tidak memperjuangkan rakyat. Aksi unjuk rasa  massa Jamak ini mendapat pengawalan ketat polisi. (MJ-01)

Ini Menarik!

Meriahkan Natal, Hotel Ibis Gelar Lomba Menggambar

Share this on WhatsApp SEMARANG – Untuk memeriahkan Natal tahun ini, Hotel Ibis Semarang Simpang …

Silakan Berkomentar