Beranda JATENG RAYA METRO KEDU TNI Siap Dilibatkan Perangi Teroris

TNI Siap Dilibatkan Perangi Teroris

110
0
BERBAGI

MAGELANG – TNI siap dilibatkan dalam penanggulangan terorisme. Penegasan itu disampaikan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah.

Kapuspen TNI MS Fadhilah
Foto: ch kurniawati

“Kami siap karena harus disadari bahwa teroris adalah musuh bersama,” katanya saat mendampingi kunjungan Panglima TNI di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Selasa (15/5).

Dikatakan oleh Fadhilah, banyak hal yang bisa dilakukan oleh TNI untuk penanganan teroris. Meski sekarang ini RUU terorisme sedang dalam proses, namun sejauh ini Panglima TNI selalu menekankan bahwa TNI tidak dalam posisi menekan.

“Namun memberikan masukan karena teroris musuh bersama, kita punya kemampuan untuk itu dan bisa membantu baik dalam tahapĀ  pencegahan maupun penindakan,” tegasnya.

Terhadap dibentuknya tim khusus untuk menangani teroris di Surabaya, Fadhilah menekankan bahwa dalam hal ini tidak bicara orang per orang namun institusi.

TNI memiliki struktur yang tertata, ada teritorial, intelijen dan pasukan-pasukan lainnya. Yang semuanya bisa menjadi kekuatan dan kemampuan untukĀ  membantu pencegahan terorisme.

“Sekali lagi kami tegaskan, posisi kami tidak untuk menekan. Namun kami siap memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Menurutnya, penanganan terorisme jangan hanya selalu dalam hal penindakan. Sejauh ini, menurut Fadhilah, koordinasi TNI dengan pihak lainnya sudah berjalan tanpa kendala.

“Koordinasi antara TNI dengan pihak-pihak terkait sudah berjalan. Sekali lagi, kami tidak dalam posisi menekan tapi memberikan masukan,” tandasnya. (MJ-24)