Home > JATENG RAYA > TNI AD Kerahkan Tim Kopassus Lacak Dua Napi Nusakambangan yang Kabur

TNI AD Kerahkan Tim Kopassus Lacak Dua Napi Nusakambangan yang Kabur

ilustrasi

SEMARANG – Tim Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat diterjunkan untuk mengejar dua narapidana narkoba yang melarikan diri dari Lapas Batu, Nusakambangan, Cilacap. 

Namun untuk menjaga kerahasiaan operasi penyergapan, Kepala Kemenkumham Jawa Tengah, Bambang Sumardiono memilih merahasiakan jumlah anggota pasukan elit yang dikerahkan ke Nusakambangan

“Operasi tetap dilakukan. Dan kemarin dari TNI AD turunkan Kopassus untuk membantu petugas Pemasyarakatan menangkap dua pelarian,” akunya saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis (26/1).

Menurutnya untuk melancarkan misi khusus ini, pihak TNI AD juga mengerahkan anjing pelacak untuk menelisik sejauh mana dua narapidana itu kabur dari penjara.

Kedua narapidana yang dimaksud Bambang itu bernama Muhammad Husein (43) dan Syarjani Abdullah (40). Mereka kedapatan kabur dari Lapas Batu pukul 14.00 WIB, Sabtu (21/1) pekan lalu. 

Keberadaannya tak terlacak lewat kamera pengintai di Dermaga Wijayapura sejak pukul 13.20 WIB-16.00 WIB. “Makanya, kami juga menerjunkan beberapa ekor anjing pelacak di sekitar lapas dan dibantu personel Polda Jateng,” jelas Bambang.

Ia pun mengakui bahwa dua narapidana itu kabur karena tak semua petugas mempertebal penjagaan di titik-titik rawan. Padahal, imbuhnya, sebenarnya ada sedikitnya 15 titik rawan yang patut dijaga ketat oleh petugas lapas. 

Walau begitu, saat kejadian ternyata hanya ada enam titik yang dijaga petugas. dirinya menemukan pelanggaran standar operasional prosedur dari Lapas Nusakambangan saat melakukan penjagaan.

“Ini artinya, masih ada sembilan titik yang tidak terjaga, mungkin karena jumlah personelnya terbatas maka nantinya saya akan pasang CCTV di semua lokasi,” urainya.

“Pemeriksaan sudah berjalan tapi butuh pendalaman. Tapi kita melihat sebagian SOP tidak dilaksanakan.” (far)

Ini Menarik!

Menikmati Desa dari Bangunan Kolonial Hotel Garuda

Share this on WhatsApp   BERADA tak jauh dari Gunung Telomoyo, Hotel Garuda yang merupakan …

Silakan Berkomentar