Tinggi Ombak Karimunjawa Terpantau Aman Dilalui Kapal Nelayan

SEMARANG – Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang menyatakan cuaca perairan Karimunjawa, hari ini, Minggu (29/4) sampai Senin besok pagi terpantau berawan. Analis cuaca dari Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang, Sediyanto mengatakan ombak sekitar perairan Karimunjawa terbilang aman untuk dilalui aktivitas pelayaran.

Dermaga Karimunjawa

Ketinggian ombak perairan Karimunjawa saat ini hanya berkisar pada angka 0,2 meter-0,75 meter. “Sedangkan kecepatan hembusan anginnya dari arah timur menuju tenggara mencapai 2 sampai 15 knot,” kata Sediyanto.

Ia menyatakan dengan kondisi tersebut, nelayan boleh menjala ikan di perairan lepas. Meski begitu, ia mengingatkan adanya peluang hujan ringan yang berpotensi mengguyur pada hari ini.

Selain Pulau berjuluk Java of Paradise, tuturnya, citra satelit BMKG juga memantau hujan ringan juga berpeluang muncul di perairan Laut Jawa, perairan utara Jawa Tengah dan perairan selatan Kalimantan Tengah.

Ia menambahkan di tiga wilayah itu, angin berhembus dari arah timur, timur laut sampai tenggara. Kecepatan hembusannya hampir sama dengan kondisi Karimunjawa, sekitar 2-15 knot.

“Untuk saat ini, cuaca berawan dan hanya ada sedikir hujan ringan. Aktivitas pelayaran bisa dilakukan dengan normal sambil mencermati perubahan cuaca yang terjadi sangat cepat pada sore hari nanti,” tandasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 14 = 21

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.