Timses Ganjar dan Sudirman Said Kompak Tolak Money Politic

SEMARANG – Tim sukses kontestan Pilgub Jateng menyatakan kompak memerangi aksi money politic yang kerap merebak pada perhelatan Pilkada.

Kampanye damai Pilgub Jateng di Semarang, Minggu (18/2). Kedua paslon sepakat menolak cara-cara kotor untuk menggaet massa. Foto: metrojateng.com/fariz fardianto

Ketua Tim Pemenangan pasangan calon (paslon) gubernur bernomor urut 1, Ganjar-Yasin, Bona Ventura Sulistiana menyebut warga Jateng sekarang sangat cerdas untuk melihat dan memilih kepala daerahnya sendiri.

Terlebih lagi, kata Bona main-main dengan politik uang berisiko sangat tinggi. Bahkan pelaku money politic bisa dijatuhi sanksi tegas dari partainya.

Money politic, siapapun yang memberi dan menerima bisa dipidanakan risikonya sangat tinggi. Ini pilgub. Bukan pilkades,” ujar Bona di Gubernuran, Selasa (20/2).

Pria yang jadi Wakil Ketua DPD PDIP Jateng itu menyatakan, tak ada jaminan bagi paslon dengan popularitas tertinggi bisa menjaga elektibilitasnya di tingkat akar rumput. Ia memegang prinsip kehati-hatian agar mampu merancang gagasan visi misi untuk rakyat Jawa Tengah.

Secara terpisah, Sriyanto Saputro, Tim Pemenangan paslon bernomor urut 2 Sudirman Said dan Ida Fauziyah menuturkan memilih pemimpin bukan berdasarkan uang, tetapi dari visi-misi, konsep, dan argumen untuk pembangunan Jawa Tengah lebih maju.

“Rakyat di Jateng ini mencapai 20 ribu jiwa, lebih mungkin, kalau pakai uang, uangnya siapa? Itu logika saja. Tapi kita wajib menjaga semua itu karena ancaman hukumnya cukup berat. Rambu-rambu yang sudah ada harus di waspadai. Memilih berdasarkan integritas calon, bukan berdasarkan uang,” kata Sriyanto.

Ketimbang menyebar money politic, pihaknya kini memilih sibuk mengerek popularitas Sudirman Said agar dapat dikenal warga hingga ke pelosok daerah.

“Sekarang bukan jaman dengan cara-cara kotor. Saat ini kami sedang meningkatkan popularitas. Lewat berbagai media, dari ketemu langsung, media sosial dan media massa,” tandasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 3 = 12

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.