Home > HEADLINE > Tim SAR Boyolali Kirim Relawan ke Banjarnegara

Tim SAR Boyolali Kirim Relawan ke Banjarnegara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Jateng, Minggu (14/12). Foto Metrojateng/dok setkab.go.id
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Jateng, Minggu (14/12). Foto Metrojateng/dok setkab.go.id

BOYOLALI – Bencana tanah longsor di Karangkobar, Banjarnegara telah memunculkan simpati berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Tim SAR Boyolali mengirimkan 10 anggotanya ke lokasi longsor di Dukuh Jemblung, Desa Sampang itu. Mereka telah berangkat pada Sabtu (13/12) malam lalu.

Komandan SAR Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo, mengatakan pengiriman anggota SAR untuk membantu pencarian dan evakuasi korban longsor. “Kami mengirimkan 10 orang, berangkat pada malam Minggu,” ujar Kurniawan Fajar Prasetyo, Senin (15/12).

Pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Badan SAR Nasional (Basarnas). Timnya akan membantu proses pencarian dan evakuasi korban. Untuk menjaga stamina dan kondisi personel SAR dalam proses evakuasi, lanjutnya, personel akan di-rolling tiga hari sekali. Setelah tiga hari disana, akan ditarik dan digantikan anggota lainnya.

“Tiga hari personel akan ditarik dan diganti dengan personel baru yang tenaga dan staminanya masih bugar, sehingga perbantuan proses evakuasi berjalan maksimal,” kata dia.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Suyitno, mengatakan antusiasme masyarakat Boyolali untuk menjadi relawan ke Banjarnegara cukup tinggi. Namun demikian pihak Pemkab belum mengizinkan mereka berangkat. Sebab berdasarkan koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) maupun Basarnas, personel evakuasi di lokasi bencana dirasa sudah mencukupi.

“Sebenarnya relawan sudah siap berangkat sejak Sabtu (13/12), tetapi kita tunggu dulu perkembangannya di lapangan bagaimana,” katanya. (MJ-07)

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar