Home > JATENG RAYA > Tim Saber Pungli Bisa Operasi Tangkap Tangan Pelaku Pungli

Tim Saber Pungli Bisa Operasi Tangkap Tangan Pelaku Pungli

MAGELANG – Walikota Magelang Ir Sigit Widyonindito akan menindak tegas bagi jajarannya yang diketahui melakukan pungutan liar (pungli). Peristiwa pungli di kantor Samsat dan diketahui langsung oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo beberapa waktu lalu, harus dijadikan pembelajaran. 

    “Jangan sampai peristiwa serupa terulang lagi. Itu menjadi pembelajaran warga Magelang agar hal serupa tidak  terulang lagi,” tandasnya usai mengukuhkan Tim Satuan Tugas (Satgas) Sapu bersih Pungutan Liar (saber) pungli, di Pendopo Pengabdian, Rabu (25/1).

    Sigit menambahkan, meskipun tim Satgas Saber baru dikukuhkan, namun sebelumnya ia telah merapatkan barisan dan melakukan langkah-langkah antisipasi dan evaluasi.Pergerakan melawan pungutan liar, bukan menjadi barang baru baginya.

    Sigit juga mengaku, sejauh ini, pihaknya belum menerima laporan dari masyarakat terkait adanya pungutan liar di jajarannya.

    Nantinya Saber pungli tidak hanya fokus pada pemerintahan saja, namun juga instansi lain, seperti BUMD.

    Sigit dengan tegas menyatakan akan memberikan sanksi sesuai aturan bila ada jajarannya yang ketahuan melakukan pungli.

    Disisi lain, meski telah dikukuhkan, namun Satgas saber Pungli belum memiliki tempat khusus. “Nanti biar pak Sekda yang mencarikan tempat untuk tim satgas Saber Pungli,” ujarnya.

    Sigit menyatakan, seluruh kantor mauoun instansi rawan terjadinya pungutan liar. Karenanya ia menghimbau kepada masyarakat apabila mengetahui adanya pungli, untuk segera lapor ke satgas saber pungli.

    Wakapolres Magelang Kota yang juga Ketua satgas saber Pungli, Kompol Moh Imron menambahkan, sejumlah unsur yang menjadi anggota tim Satgas Saber Pungli antara lain dari  Pemda, TNI-Polri, hingga kejaksaan.

    Menurut Moh Imron,  Satgas Saber Pungli juga mendapat kewenangan untuk melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT), jika memang dirasa perlu. 

    Namun demikian, pihaknya belum bisa menjabarkan titik mana saja yang akan menjadi sasaran Satgas Saber Pungli. Untuk saat ini, pihaknya masih akan melakukan beberapa tahapan seperti sosialisasi, pengamatan, hingga pembinaan.

    Terlebih lagi portal untuk pelapor saat ini juga belum ada. “Nanti akan kita bicarakan dulu langkah-langkah berikutnya,” ujarnya.

    Ia juga minta peran serta masyarakat  untuk aktif melapor dan dijamin identitas pelapor akan di rahasiakan, karena  menyangkut keamanan dan keselamatan yang bersangkutan.(MJ-24)

Ini Menarik!

Motorola Beri Harga Khusus Akhir Tahun

Share this on WhatsApp SEMARANG – Di penghujung tahun 2017, Motorola Indonesia menggelar promo bertajuk …

Silakan Berkomentar