Tiga Kali Erupsi Freatik, Status Merapi jadi Waspada

MAGELANG – Status Gunung Merapi ditingkatkan dari semula normal menjadi waspada. Sebelumnya, pada Senin (21/5) kemarin tiga kali terjadi erupsi freatik di gunung teraktif di Indonesia tersebut.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi ‘Ngepos’ sedang memantau aktivitas pasca letusan freatik, Senin (21/5). Foto: ch kurniawati

Peningkatan status menjadi didasarkan setelah diadakan evaluasi data pemantauan Gunung Merapi, oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Geologi, Balai Penyelidikan dan Pengembangan teknologi Kebencanaan Geologi Yogjakarta. Status Waspada berlaku mulai 21 Mei 2018 pukul 23.00 WIB.

Surat yang ditandatangani Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Hanik Humaida ini juga merekomendasikan untuk kegiatan pendakian Gunung Merapi sementara tidak diizinkan. Radius 3 km dari puncak Merapi untuk dikosongkan dari aktivitas penduduk. Masyarakat yang tinggal di KRB III dimohon untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Gunung Merapi.

Dalam surat juga disebutkan, jika terjadi perubahan aktivitas Merapi yang signifikan, maka status altivitas Merapi akan ditinjau kembali.

Hanik juga meminta kepada masyarakat untuk tidak terpantcng isu-isu mengenai Gunung Merapi yang tidak jelas sumbernya dan tetap mengikuti arahan pemerintah daerah atau menanyakan langsung ke pos pengamatan gunung Merapi melalui radio komunikasi pada frekuensi 165.075 MHz atau melalui website www.merapi.bgl.esdm.go.id serta media sosial BPPTKG atau langsung ke kantor BPPTKG.

Petugas Pos pengamatan Gunung Merapi, Ngepos Srumbung, Heru Suprawoko menjelaskan, untuk pagi ini kondisi kembali landai. “Hujan abu masih mengguyur kawasan Srumbung meski dalam skala tipis,” katanya.

Pada Senin kemarin, tercatat tiga kali terjadi letusan freatik di puncak Merapi. Letusan pertama terjadi pada Senin dini hari pukul 01.25 dan letusan freatik kedua pukul 09.38. Letusan freatik kembali terjadi pada pukul 17.50 selama 3 menit dengan amax 50 mm.(MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

26 − 20 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.