Tersesat di Gunung Slamet, Pemuda Ini Dehidrasi

SEMARANG – Regu penyelamat Basarnas gabungan berhasil menyelamatkan Moh Charis Munandar yang sempat tersesat di Gunung Slamet, Selasa (26/9) malam kemarin.

Noer Isrodin Muchlisin, Kepala Basarnas Kantor SAR Semarang mengatakan pemuda 23 tahun itu ditemukan personelnya dalam kondisi lemas dan mengalami dehidrasi tepat di Jalur Permadi Pos II pendakian Guci.

“Sebab, yang bersangkutan hanya berbekal setengah liter botol alir mineral saat hilang. Dia kami temukan diatas pos II jalur pendakian Guci tepatnya Jalur Permadi pukul 18.30 WIB,” ungkap Noer, Rabu pagi (27/9).Noer bilang Charis merupakan pendaki asal Desa Pegirikan, Kecamatan Talang Kabupaten Tegal.

Tim SAR, kata Noer berkekuatan tujuh anggota Search and Rescue Unit (SRU) meliputi Basarnas, Kodim Tegal, Polsek Bumijawa, BPBD Kabupaten Tegal, PMI Tegal, Galawi Rescue, Gupala, Sarda Jateng, SAR Purbalingga, Kompak, SAR Brebes dan masyarakat sekitar.

Saat dilacak dari puncak Gunung Slamet hingga pos 3 pendakian, tim SAR sempat terkendala menemukan jejak Charis. Anggotanya juga mengalami kendala cuaca yang tidak menentu.

“Cuaca beberapa kali berubah, hujan, terang, hujan lagi hingga sore ini, serta kabut yang turun, membuat proses pencarian kurang maksimal,” katanya.

Selain itu, letak geografis yang berada di titik 2.800 mdpl dengan banyaknya punggungan serta medan yang terjal membuat tim cukup kesulitan melakukan pencarian.Dibutuhkan rentang waktu tiga jam untuk memboyong Charis sampai basecamp Guci.

Regu penyelamat akhirnya tiba di basecamp pukul 21.30 WIB. Setibanya di basecamp, Charis langsung dibawa RSUD Slawi untuk diperiksa kesehatannya lebih lanjut.

“Kami atas nama Pemerintah dan Negara mengucapkan terima kasih kepada seluruh potensi SAR yang terlibat dalam operasi Ini hingga survivor bisa ditemukan dalam keadaan hidup, dan semoga kerjasama ini akan semakinmeningkat,” tuturnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 5 = 3

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.