Teror Bom Surabaya Tak Pengaruhi Kunjungan Pelancong ke Borobudur

MAGELANG – PT Taman Wisata Candi (TWC) sudah memerintahkan kepada petugas keamanan untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan di lingkungan Candi Borobudur Magelang. Perintah itu dikeluarkan terkait dengan adanya bom Surabaya yang merenggut belasan jiwa manusia, Minggu (13/5) kemarin.

Candi Borobudur. Tingkat kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur tidak terpengaruh dengan teror bom Surabaya. Foto: metrojateng.com/dok

“Kita sudah perintahkan kepada petugas keamanan untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan tanpa mengganggu kenyamanan pengunjung candi,” kata  Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT TWCB, Prambanan, dan Ratu Boko, Ricky SP Siahaan, Senin (14/5).

Ia melanjutkan, pihak TWC juga sudah memerintahkan agar Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) melakukan koordinasi untuk antisipatif dengan aparat keamanan seperti polisi dan TNI.

Yang tidak kalah penting adalah mengawasi pengunjung yang dinilai mencurigakan dan mendeteksi tas-tas ransel yang biasanya di baa pengunjung.

Menurut Ricky, pihaknya tetap melakukan berbagai antisipasi terkait dengan adanya bom di Surabaya, terutama faktor keamanan. Apalagi, Candi Borobudur merupakan candi terbesar dunia yang merupakan cagar budaya peninggalan nenek moyang.

Meski demikian, kunjungan wisatawan baik domestik maupun asing masih tetap seperti biasa. “Mohon maaf untuk datanya saya belum pegang berapa jumlah wisman atau domestik yang berkunjung pasca bom Surabaya. Namun belum ada laporan penurunan jumlah pengunjung, semua masih normal seperti biasa,” ungkapnya.

Ia pun tidak bisa langsung mengaitkan kunjungan wisman ke Borobudur dengan bom Surabaya. “Kita tidak bisa mengaitkan kunjungan wisman dengan bom Surabaya, karena rata-rata mereka datang dari Bali baru kemudian tersebar ke berbagai obyek seperti diYogyakarta, Borobudur, Lombok dan sebagainya,” tuturnya.

Terlebih lagi, kunjungan wisman ke Candi Borobudur sudah direncanakan jauh hari sebelumnya, sehingga kecil kemungkingan mereka untuk membatalkan kunjungan. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 30 = 40

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.